Warga Banglas Tingkatkan Silaturrahim Sambut Ramadhan

Dibaca: 1060 kali  Sabtu,12 Mei 2018 | 09:08:00 WIB

Warga Banglas Tingkatkan Silaturrahim Sambut Ramadhan
Ket Foto : Kepala Desa Banglas, Samsurizal, SH menyerahkan santunan berupa Sembako kepada Anak Yatim

SELATPANJANG - Pemerintah Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, bersama JPRMI Kepulauan Meranti menggelar Silaturrahim menyambut bulan puasa Ramadhan 1439 Hijriyah, di Masjid Ar-Rahmah, Jalan Banglas Ujung, Sabtu malam 12 Mei 2018.

Hadir pada kegiatan itu Kepala Desa Banglas, Samsurizal, SH, para Pengurus BPD, LPMD, Kepala Dusun, Ketua RW dan RT se-Desa Banglas, Ketua Pengurus Masjid Ustad Aljufri, dan Pengurus Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kepulauan Meranti.

Kepala Desa Banglas, Samsurizal, SH, dalam sambutannya mengapresiasi kerjasama JPRMI dengan Pemerintah Desa Banglas dalam pelaksanaan acara itu. Menurutnya, silaturrahim perlu ditingkatkan dalam rangka mensucikan diri menyambut bulan puasa Ramadhan.

"Kegiatan seperti ini perlu terus kita tingkatkan dalam rangka memperkuat silaturrahim, terlebih lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Kami mengapresiasi peran Pemuda dan Remaja Masjid dalam pelaksanaan acara ini," ucap Kepala Desa.

Sementara itu Ustad Amrul Fahmi, S.Pd.I, dalam tausyiahnya mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan kaum muslimin dan muslimat dalam menyambut bulan suci Ramadhan, diantaranya, Pertama, perlu Memperbaharui Taubat.

"Ada tradisi atau budaya di tengah masyarakat kita yakni dengan mandi menjelang memasuki bulan Ramadhan. Tujuannya bukan hanya untuk membersihkan fisik, namun yang terpenting membersihkan hati dan taubat dengan menghilangkan segala hal yang berbau syirik," ucapnya.

Kedua, Memperbaiki dan memperbanyak Ibadah, dimana ada ibadah yang bersifat mahdoh pelaksanaannya dan ada ibadah ammah atau bersifat umum dalam kegiatan sehari-hari. "Jadi kalau sudah semakin banyak ibadah perlu diistiqomahkan," ingatnya.

Ketiga, lanjut Ustad Amrul, yakni menjalin silaturrahim, dimana bertujuan untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah. "Karena jika silaturrahim kita rusak, maka segala amal ibadah tidak akan diterima oleh Allah," ungkapnya.

Kegiatan yang diawali dengan Sholat Maghrib berjamaah itu, juga diisi penyerahan santunan kepada puluhan anak yatim secara simbolis oleh Kepala Desa Banglas, penyerahan cinderamata dari JPRMI kepada Ustad penceramah dan ditutup dengan Sholat Isya berjamaah. (san)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com