Tiba di Meranti, Kapal Hibah Kemenhub RI Segera Difungsikan

Tiba di Meranti, Kapal Hibah Kemenhub RI Segera Difungsikan
Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, melihat kondisi bagian dalam Kapal bantuan hibah Kementerian Perhubungan RI

MERANTI - Setelah 5 hari perjalanan laut dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, akhirnya Kapal Pelayaran Rakyat (PERA) Banawa Nusantara 3, bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan RI tiba di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Kedatangan Kapal itu disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Yulian Norwis dan rombongan di Pelabuhan Camat, Selatpanjang, Kamis 17 Mei 2018.

Dikatakan Sekda, kedatangan Kapal itu merupakan kabar gembira bagi masyarakat Kepulauan Meranti yang berada diseberang Kota Selatpanjang, karena akan dioperasikan sebagai penghubung Pelayaran Rakyat di wilayah Kecamatan yang masih terisolir.

Dijelaskannya, Kapal PERA berkapasitas 35 Gross Tonnage (GT) dengan jumlah penumpang 24 orang itu, akan dipergunakan sesuai dengan peruntukan yang diamanatkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut.

"Kapal ini akan diperuntukan untuk menghubungkan Pelayaran Rakyat di daerah yang tersiolir, sehingga dapat membuka akses penghubung orang dan barang dari dan ke daerah tersebut, ini sangat cocok karena Meranti merupakan daerah Kepulauan," jelas Sekda.

Namun sebelum difungsikan, Sekretaris Daerah Yulian Norwis meminta kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan pemeriksaan semua kelengkapan dan kondisi mesin. Hal itu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dari penumpang yang dibawa.

"Sebelum difungsikan saya minta Dinas Perhubungan untuk memeriksanya kembali, karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh, periksa mesin maupun kelengkapan lainnya," ujar Sekda.

Saat itu, Sekretaris Daerah bersama rombongan berkesempatan mencoba kapal berbahan dasar kayu dengan fasilitas lengkap seperti TV, AC, GPS, Alarm, Alat Pemadam Kebakaran dan Black Box tersebut.

Selain digunakan untuk penghubung antar pulau, kapal berdesain cantik karena dibalut cat warna warni itu juga layak digunakan untuk penunjang pariwisata karena sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti, Aready menjelaskan, dari 5 Kabupaten di Riau yang mengusulkan Kapal itu, hanya Kabupaten Kepulauan Meranti yang memperoleh bantuan hibah Kapal PERA dari Kementerian Perhubungan RI.

Selain diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kapal PERA dengan total pengadaan 24 unit itu, juga dihibahkan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten lainnya di Indonesia.

Kapal itu telah diserahterimakan langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi kepada Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 19 April lalu. (rls/san)

Berita Lainnya

Index