Wabup Kepulauan Meranti Safari Ramadan di Rangsang Pesisir

Dibaca: 1219 kali  Kamis,24 Mei 2018 | 10:31:00 WIB

Wabup Kepulauan Meranti Safari Ramadan di Rangsang Pesisir
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim saat menyampaikan sambutannya

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim bersama rombongan menggelar Safari Ramadhan di Desa Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Pesisir. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk bersilaturrahim sekaligus mendengarkan masukan masyarakat terkait program pembangunan, Rabu malam 23 Mei 2018.

Turut mendampingi Wabup, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Ir. Prasetyo, Kepala Dinas Perkebunan Ir. Jaka Insita, Kepala Dinas Sosial Drs. Asroruddin, Kakan Kemenag Meranti Darwison SAg, Kadishub Dr. Aready, Kabag Kesra Husni Gamal, Kabag Humas dan Protokol Helfandi dan unsur lainnya.

Kegiatan diawali dengan Sholat Tarawih berjamaah yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa diseputaran Masjid Al-Muttaqin Desa Tanjung Kedabu, serta bantuan pembangunan Masjid oleh Wakil Bupati, Ketua MUI dan Kakan Kemenag.

Pada kesempatan itu, Camat Rangsang Pesisir, M. Nasir kepada Wabup dan rombongan mengatakan, bahwa wilayah yang dipimpinnya sangat membutuhkan sentuhan pembangunan disegala sektor, mulai dari pertanian dan perkebunan yang menjadi andalan, hingga infrastruktur pendukung pembangunan yakni jalan akses yang sudah sangat memprihatinkan. Untuk itu ia berharap kepada OPD terkait dapat memberikan solusi.

"Kami berharap kepada seluruh OPD dapat memperhatikan Rangsang Pesisir khususnya Desa Tanjung Kedabu yang terluar, terisolir dan termiskin khususnya pembangunan infrastrktur jalan sebagai akses penghubung antar Desa yang sebagian besar dalam kondisi sangat memprihatinkan," ujar Camat.

Mendengar itu, Wakil Bupati yang turun langsung sambil melihat kondisi infrastruktur di wilayah itu, meminta pimpinan OPD yang turut serta bersamanya untuk memaparkan apa saja program strategis yang akan dijalankan dengan didasari karakteristik dan kondisi wilayah Rangsang Pesisir.

Mendapat kesempatan pertama, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Meranti Ir. Prasetyo, yang mengaku dari pandangannya potensi Perkebunan di Rangsang Pesisir sangat besar, untuk itu ia akan menjalankan program peremajaan Kebun Kelapa yang direncanakan seluas 45 ribu hektar.

"Nantinya akan dibuat industri pengolahan yang dikelola oleh BUMDes sehingga kelapa tidak perlu lagi dijual ke Tengkulak dengan harga murah, cara ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Prasetyo.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Perikanan Meranti Heldi SE, instansi yang dipimpinnya akan berupaya memberikan bantuan alat perikanan tangkap dan melakukan penyuluhan manajemen usaha serta sharing informasi tentang perikanan tangkap.

Hal itu dilakukan, jelasnya, menimbang banyaknya masyarakat yang mengantungkan hidup sebagai nelayan. Selain itu akan memberikan kartu Nelayan dalam rangka memberikan rasa aman kepada Nelayan dalam bekerja karena sudah dijamin Asuransi.

Dinas PU Meranti yang diwakili oleh Kabid Sabri, dari hasil pantauannya mengaku jalan di Dusun Api Api sangat memprihatinkan, untuk itu di tahun 2019 mendatang akan dilakukan peningkatan jalan Tanjung Samak dan Tanjung Kedabu. "Kegiatan itu sudah masuk dalam program 2019," ungkap Sabri.

Selain itu pembangunan jembatan Desa Telesung dan Rumah Layak Huni, serta Rumah Khusus untuk warga kurang mampu.

Terakhir Kepala Dinas Perhubungan, Dr. Aready, dikatakannya dalam rangka membuka konektifitas atau akses antar wilayah, pihaknya akan mengupayakan pembangunan akses transportasi yang menghubungkan Pulau Bengkalis dengan Pulau Padang, selanjutnya Pulau Padang ke Pulau Sumatera tepatnya di Desa Lukit menuju Buton.

Selanjutnya akses Penghubung Pulau Tebing Tinggi - Pulau Rangsang dan tahun ini penyelesaian Ro-Ro Insit Laut ke Pecah Buyung dan lainnya.

Khusus pelabuhan rakyat, dikatakan Aready, telah diusulkan untuk pembangunan 5 Pelabuhan, diantaranya di Desa Kedabu Rapat, Tanah Merah, Desa Beting, Tenggayun Raya dan lainnya.

Terkait Bidan Desa di wilayah Tanjung Kedabu yang masih kurang, dikatakan Wakil Bupati Said Hasyim akan segera terisi dan tak lama lagi siap melayani masyarakat.

"Kita telah melakukan seleksi untuk Bidan PTT dalam waktu dekat akan bertugas melayani kesehatan masyarakat," ujar Wabup.

Rangkaian kegiatan Safari Ramadan Wakil Bupati di Kecamatan Rangsang Pesisir, diakhiri dengan mendengarkan Tausyiah Ketua MUI Meranti Mustafa, yang menjelaskan pentingnya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di bulan Ramadan yang penuh hikmah. (rls/san)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com