Wabup Said Hasyim Pimpin Rakor Sukseskan Pilkada Riau

Wabup Said Hasyim Pimpin Rakor Sukseskan Pilkada Riau
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim memimpin Rapat Koordinasi Pilkada bersama Forkopimda dan unsur terkait lainnya
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim memimpin Rapat Koordinasi bersama Forkopimda, KPU, Panwaslu serta Dinas terkait, untuk memastikan Pilkada serentak pemilihan Gubernur Riau, Rabu 27 Juni 2018 nanti berjalan sukses, di Aula Kantor Bupati, Senin 25 Juni 2018.
 
Hadir pada kegiatan itu, Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, Kadisdukcapil Meranti, Dandim 0303 Bengkalis, Ketua KPU Meranti, Ketua Panwaslu Meranti, Kabag Tapem Setdakab Meranti, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Kepulauan Meranti dan lainnya.
 
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti berharap kepada seluruh aparatur khususnya Kepala Desa, Lurah dan Camat untuk memastikan prosesi pelaksanaan Pilkada di wilayahnya berjalan aman dan lancar.
 
Mulai dari jumlah masyarakat yang terdaftar di DPT, pendistribusian surat suara dari KPU ke Kecamatan dan Desa, pemilihan di TPS, hingga pengiriman kembali surat suara hasil pemilihan ke KPU.
 
Untuk itu ia berharap seluruh aparatur Pemerintahan yang terlibat serta panitia penyelenggara mengetahui benar tugas dan fungsinya, tujuannya agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya saat proses pemilihan berlangsung di TPS yang sangat berpotensi menimbulkan kerusuhan.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Kapolres AKBP La Ode Proyek, selaku pihak yang bertanggung jawab dalam hal pengamanan, meminta kepada pihak terkait untuk mensukseskan Pilkada serentak Pilgubri 2018 yang nota bene merupakan agenda Nasional, jika tidak ingin Meranti menjadi sorotan Nasional saat terjadi kerawanan Kamtibmas.
 
Iapun meminta kepada penyelenggara jika terbentur masalah segera melakukan koordinasi kepada KPU dan Panwaslu.
 
"Jangan sampai terjadi kendala di lapangan, jika ada masalah segera konsultasi ke KPU dan Panwaslu," ujar Kapolres.
 
Penyelenggara Pilkada diharapkan mengerti dengan tugas dan fungsinya sehingga ketika masyarakat membutuhkan informasi dapat menjelaskannya secara jelas. Terutama untuk masyarakat yang tinggal dipelosok.
 
"Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengerti apalagi yang berada di pelosok desa," ungkap Kapolres.
 
Selain itu, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP La Ode Proyek juga mengingatkan kepada penyelenggara untuk menyelesaikan konflik Pilkada secara persuasif dan menjauhi sifat arogansi.
 
"Jika ada masalah selesaikan dengan baik, jangan pakai cara arogan di lapangan agar pihak bersengketa tidak tersangkut kasus pidana," ucapnya mengingatkan.
 
Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, menjelaskan setiap masyarakat yang tidak mengantongi surat undangan masih dapat melaksanakan hak pilihnya di TPS dengan syarat terdaftar di DPT.
 
"Jika sudah terdaftar di DPT tapi tidak membawa C-6 atau mengantongi surat undangan, masih bisa memilih dengan cara menunjukkan KTP-E, SIM, Pasport atau KK sebagai identitas mutlak melaksanakan hak pilih, kecuali tidak terdaftar di DPT dan tidak membawa surat keterangan maka yang bersangkutan otomatis tidak bisa memilih," jelas Hamid.
 
Sejauh ini dari identifkasi yang dilakukan berdasarkan laporan pihak Kecamatan dan Desa ada beberapa hal yang berpotensi menimbulkan kerawanan Kamtibmas, untuk itu Wakil Bupati meminta kepada Dinas terkait dan Aparatur Kecamatan untuk segera menuntaskannya, salah satunya masih banyak masyarakat yang belum merekam E-KTP seperti yang terjadi di Kecamatan Merbau yakni 6300-an orang dan Kecamatan Rangsang Barat sebanyak 2250 orang. Otomatis penduduk yang tidak merekam ini tidak terdaftar dalam DPT. Meski begitu masih ada waktu 1 hari lagi jelang pemilihan kepada penduduk yang bersangkutan untuk melakukan perekaman.
 
Setelah menerima instruksi dari Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaran Pilkada baik Dinas terkait, KPU, Panwaslu dan lainnya berjanji akan berupaya menyelesaikan, dan siap mengawal Pilkada serentak di Meranti tanggal 27 Juni 2018 mendatang agar berjalan aman, lancar dan sukses. (rls/san)

Berita Lainnya

Index