Bupati Meranti Kukuhkan Paskibra HUT RI Ke-73 Tahun 2018

Bupati Meranti Kukuhkan Paskibra HUT RI Ke-73 Tahun 2018
Bupati Kepulauan Meranti, Drs. Irwan, M.Si saat memasangkan kendit kepada personel Paskibra
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M.Si melakukan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) HUT RI Ke-73 Tahun 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan pengesahan predikat Paskibra itu dipusatkan di Lapangan Afifa Sport, Selatpanjang, Rabu 15 Agustus 2018.
 
Turut hadir dalam pengukuhan itu, Wakil Bupati Said Hasyim, Anggota DPRD Meranti Fauzi, Wakapolres Kompol Irmardison, Sekda Yulian Norwis, Danramil Mayor Bismi Tambunan, Asisten III Setda Meranti Rosdaner, Danposal, Kakan Kemenag Darwison, Ketua MUI serta unsur lainnya.
 
Pengukuhan Paskibra HUT RI Ke-73 Tahun 2018 diawali dengan Pengucapan Ikrar Putra Indonesia oleh Bupati Kepulauan Meranti diikuti oleh seluruh Paskibra yang akan dikukuhkan, kemudian prosesi dilanjutkan dengan pemasangan sabuk (Kendit) oleh Bupati kepada tiap anggota Paskibra, dan mencium bendera merah putih yang dilanjutkan dengan penandatanganan Ikrar Putra Indonesia.
 
Usai melakukan pemasangan sabuk, Bupati Kepulauan Meranti mengungkapkan, anggota Paskibra merupakan pemuda pemudi pilihan dan merupakan duta Kepulauan Meranti yang diberi kepercayaan sebagai pengibar bendera merah putih, oleh karena itu bagi yang terpilih momen ini layak dibanggakan.
 
"Tak semua siswa mendapat kesempatan menjadi Paskibra, jadi hal ini layak dibanggakan," ujar Bupati.
 
Sebagai seorang Paskibra hendaknya memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi, memiliki jiwa patriot yang mampu memberikan contoh tauladan mulai dari lingkungan keluarga dan di tengah masyarakat. Sebagaimana tugas dan tanggungjawab yang dibebankan dipundaknya dan mampu mewujudkan cita cita Proklamasi.
 
"Seorang Paskibra memikul tanggungjawab yang besar, untuk itu siapkan mental dan fisik agar mampu melaksanakan tugas dengan baik," ucap Bupati.
 
Melalui pengukuhan itu Bupati berharap mampu menepis stigma negatif kepada generasi muda yang terkesan santai dan suka hura-hura. Menjadi pemuda pejuang yang penuh tanggungjawab baik kepada diri sendiri, nusa dan bangsa.
 
"Mari tingkatkan rasa patriotisme di hati sanubari, dengan menghormati dan mencontoh jasa para pahlawan terdahulu yang telah berjuang mengusir penjajah. Jaga selalu keutuhan NKRI dengan mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan," papar Bupati.
 
Selain itu Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Paskibra yang telah bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan. Menurutnya tidak sedikit yang terserang sakit namun demikian berkat kesungguhan latihan yang berat akan menjadi ringan dan berbuah manis pada saat pelaksanan tugas dan tak lupa Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan instruktur.
 
Besar harapan Bupati seluruh anggota Paskibra dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dengan cara meminimalisir semua kesalahan yang mungkin terjadi sehingga pengibaran bendera merah putih pada HUT RI Ke-73 Tahun 2018 berjalan dengan sukses dan lancar.
 
"Kepada Paskibra sukses pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-73 tergantung pada kesuksesan dalam melaksanakan tugas, oleh karena itu hindari semua kesalahan," harap Bupati.
 
Bupati juga menegaskan, sempena HUT RI Ke-73 dapat semakin meningkatkan rasa patriotisme dengan selalu menjaga kekompakan antar sesama.
 
"Apa yang kita lakukan saat ini belum sebanding dengan perjuangan yang dilakukan para pahlawan kemerdekaan dalam mengusir penjajah, kita hanya diminta menjaga dan mensejahterakan Indonesia, untuk itu tetap kobarkan semangat NKRI dalam hati sanubari," ucap Bupati.
 
Tak lupa pula Bupati mengucapkan selamat sukses kepada seluruh anggota Paskibra Kepulauan Meranti, baik dimasa sekarang maupun dalam menjalani kehidupan dimasa yang akan datang. "Selamat menjalankan tugas semoga sukses," ucap Bupati.
 
Sekedar informasi, Pasukan Pengibar Bendera HUT RI Ke-73 Tahun 2018 dengan komposisi 32 orang Paskibra yang berasal dari perwakilan 9 Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, 43 orang dari Polri, 2 orang dari TNI. (rls/red)

Berita Lainnya

Index