Jalankan Program Tanpa Mengurangi Hak Masyarakat

Dibaca: 690 kali  Senin,20 Agustus 2018 | 11:12:00 WIB

Jalankan Program Tanpa Mengurangi Hak Masyarakat
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim saat menyampaikan pengarahannya

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim meminta OPD fokus menyusun dan menjalankan program sesuai kebutuhan riil di lapangan, hal itu ditegaskannya karena masih ditemui sektor sektor strategis yang belum tersentuh dan butuh pembenahan segera.
 
"Saat ini semua OPD sedang menyiapkan SAKIP, namun yang terpenting semua program dapat berjalan dengan baik tanpa mengurangi hak masyarakat, sehingga alokasi dana yang dikeluarkan sesuai dengan penerapan dilapangan. Saat ini hampir disemua sektor butuh pembenahan," ujar Wabup, saat apel Senin pagi 20 Agustus 2018.
 
Dijelaskan Wabup Said Hasyim, sempena HUT RI Ke-73 Tahun 2018, sebagai Aparatur Sipil Negara yang diberikan amanah hendaknya lebih memaknai kemerdekaan ini dengan bekerja lebih baik dan ikhlas.
 
"Sebagai bagian dari masyarakat yang diberikan amanah kita harus bekerja lebih baik dan ikhlas untuk melanjutkan cita cita perjuangan dalam menggesa kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.
 
Hal itu juga sesuai dengan sumpah yang diucapkan seorang ASN, siap bekerja dan bertugas dimanapun, apalagi tugas di Selatpanjang dengan fasilitas yang dinilai cukup baik dibanding dengan daerah lainnya.
 
"Sekali lagi saya mengajak dan menghimbau kita semua untuk menyadari tugas dan tanggung jawab, berkorban untuk negara dan bangsa khususnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti," paparnya.
 
Dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukan Wabup, banyak sektor yang butuh segera dibenahi, diantaranya sektor Infrastrktur, Pendidikan, Sosial, Budaya dan Ekonomi.
 
Seperti saat melakukan peninjauan beberapa sekolah di Selatpanjang dan Kecamatan, yakni SDN 01 Selatpanjang yang dibangun sejak 1912, dimana kondisi gedung sekolah yang dibangun jauh sebelum kemerdekaan itu tahun 1912 cukup memprihatinkan.
 
Bagitu juga saat meninjau SMPN 03 Selatpanjang. Parahnya lagi disalah satu sekolah Wabup menemukan siswa yang belajar tanpa ada guru, hal ini menurutnya bukan peningkatan seperti yang diharap justru penurunan yang ditemui.
 
"Kondisi sekolah saat ini banyak yang memprihatinkan, ada sekolah ruang ada tapi mobiler tidak, ada gedung tapi murid tak ada, rumah guru dari dibangun sampai hancur tidak ditempati, dan kondisi sekolah sangat memprihatinkan," ungkapnya.
 
Begitu juga disektor Ekonomi, Sosial dan Budaya dimana banyak potensi daerah yang terbuang karena tidak dikelola dengan baik.
 
"Untuk itu saya meminta OPD untuk membuat perencanaan matang sesuai kondisi riil di lapangan, baik di Sektor Pendidikan begitu juga Sosial Ekonomi, banyak potensi yang terbuang meski banyak program namun kurang berjalan dengan baik dan berdampak manfaat kepada masyarakat," paparnya lagi.
 
Dengan kenyataan didepan mata itu, Wabup mengajak seluruh aparatur pemerintah untuk bekerja lebih baik, ikhlas dan penuh tanggung jawab agar semua masalah yang dihadapi Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini dapat segera dituntaskan. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com