Tiga Desa di Meranti Raih Penghargaan Pemprov Riau

Tiga Desa di Meranti Raih Penghargaan Pemprov Riau
Penyerahan Sertifikat Penghargaan
PEKANBARU - Tiga Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti, yakni Desa Sungai Cina, Desa Semukut dan Desa Kundur, meraih penghargaan Desa terbaik Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa dan PDTT RI tingkat Provinsi Riau Tahun 2018.
 
Dikatakan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kepulauan Meranti, Heri Saputra, penghargaan itu berkat pembinaan Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti, serta kerja keras perangkat desa yang didukung oleh seluruh lapisan masyarakatnya.
 
"Sertifikat penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau, Syarifuddin, kepada masing-masing Kepala Desa, bertempat di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru, Selasa 18 September 2018 ini," ujarnya, kepada jurnalmadani.com.
 
Dijelaskannya, tiga Desa itu meraih penghargaan untuk beberapa kategori, yakni Desa Terbaik Kategori Penguatan Dana Desa dan Pelaksanaan Padat Karya Tunai diserahkan kepada Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat.
 
Kemudian Desa Terbaik Kategori Pelayanan Informasi dan Keterbukaan Publik diserahkan kepada Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau, dan Desa Terbaik Kategori Prakarsa dan Inovasi Desa diserahkan kepada Desa Kundur, Kecamatan Tebing Tinggi Barat.
 
"Desa-Desa itu menjadi Desa terbaik Se-Provinsi Riau hasil penilaian Tim Independen pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau untuk setiap kategori yang diperlombakan," jelas Heri.
 
Darwis dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kepulauan Meranti menjelaskan, penilaian Desa terbaik oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau itu mengikutsertakan 1600 Desa yang ada di Provinsi Riau.
 
"Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim itu, dinyatakan tiga Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti keluar sebagai juara atau yang terbaik pada kategorinya masing masing," ucapnya.
 
Nantinya, dikatakan Darwis, ketiga Desa yang keluar sebagai juara akan mewakili Provinsi Riau pada ajang perlombaan tingkat Nasional, yang acara penyerahan penghargaannya diadakan oleh Kementerian Desa dan PDTT Republik Indonesia di Jakarta.
 
"Desa-desa itu nantinya akan mewakili Riau pada perlombaan Desa Terbaik tingkat Nasional yang diadakan oleh Kementerian Desa dan PDTT RI, semoga ketiga Desa itu juga keluar menjadi yang terbaik di tingkat Nasional," harap Darwis. (rls/red)

Berita Lainnya

Index