Bupati Meranti Pimpin Rangkaian Upacara Hari Pahlawan Tahun 2018

Bupati Meranti Pimpin Rangkaian Upacara Hari Pahlawan Tahun 2018
Bupati Irwan bersama Forkopimda dan jajaran menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bunga Bangsa, Jalan Perjuangan, Selatpanjang
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si, bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Pahlawan 10 November, bersama jajaran Pemkab dan Forkopimda, di halaman Kantor Bupati Jalan Dorak dan Taman Makam Pahlawan Jalan Perjuangan, Selatpanjang, Sabtu 10 November 2018.
 
Hadir pada kegiatan itu, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Kapolres AKBP. La Ode Proyek, Kajari Budi Rahardjo, Pabung Kodim 0303 Bengkalis, para pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, para Veteran Pejuang Kemerdekaan, tokoh agama, adat dan pemuda.
 
Bertindak sebagai Perwira Upacara, Pabung Kodim 0303 Bengkalis, Mayor Inf P. Girsang dan Komandan Upacara, Komandan Pos TNI AL Tanjung Samak, Peltu Sinombing.
 
 
Membacakan pidato Menteri Sosial RI, Bupati mengatakan setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang keberanian, semangat tanpa menyerah dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan yang telah mewariskan NKRI yang berdiri kokoh hingga saat ini dan selamanya.
 
Untuk itu, sebagai generasi penerus perjuangan para pahlawan, masyarakat diajak terus menjaga nilai nilai kepahlawanan itu, dengan cara meningkatkan kecintaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara.
 
"Peringatakan hari pahlawan ini hendaknya tidak sekedar seremonial tapi harus mampu memunculkan semangat baru dengan mengaplikasikan nilai nilai kepahlawanan itu dalam kehidupan sehari-hari," ujar Bupati.
 
Menurutnya, peringatan hari pahlawan ini hendaknya dapat mendorong semua elemen masyarakat untuk menjadi pahlawan, karena siapapun bisa menjadi pahlawan, yang penting punya inisiatif berbuat segala hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.
 
"Mari bersama kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan ini menuju masyarakat adil dan makmur, tidak ada kata untuk berhenti berjuang, lanjutkan estafet perjuangan ini dengan menyesuaikan keadaan strategis saat ini," ucap Bupati lagi.
 
 
Lebih jauh dikatakannya, dalam Upacara yang berlangsung khidmat itu, semangat perjuangan para pahlawan dapat menjadi inspirasi bagi semua untuk menekan angka kemiskinan, dengan terus berinovasi memperkuat daya saing agar sejajar dengan bangsa lainnya di dunia.
 
"Setiap bangsa memiliki pahlawan dan setiap masa ada pahlawannya. Untuk itu dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang memiliki jiwa patriotisme menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidangnya," ujar Bupati.
 
Bupati juga berpesan bahwa keberagaman bangsa Indonesia itu hendaknya dapat menjadi modal bangsa, bukan malah menjadi penghambat perjuangan Indonesia. Melalui tangan tangan para pemuda yang kokoh, percaya diri serta peka terhadap semua isu sosial, sehingga mampu memberikan pelayanan sosial bagi yang membutuhkan.
 
"Pemuda harus memiliki pandangan global dan mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi agar mampu bersaing dengan negara lain yang lebih dulu maju. Marilah terus berbuat bagi bangsa tercinta yang dimulai dari lingkungan terkecil yang pada akhirnya dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara," jelas Bupati Irwan.
 
 
Tak lupa ia juga mengajak kepada seluruh lapisan maayarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan serta toleransi. "Semoga semangat kepahlawanan senantiasa mewarnai setiap langkah kita membangun negeri," pungkas Bupati.
 
Sekedar informasi, selain menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Bupati Irwan bersama unsur Forkopimda dan jajaran juga menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bunga Bangsa, Jalan Perjuangan, Selatpanjang. (adv)

Berita Lainnya

Index