Wabup Kepulauan Meranti Canangkan GERMAS Tahun 2018

Wabup Kepulauan Meranti Canangkan GERMAS Tahun 2018
Pemotongan tumpeng
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tahun 2018. Wabup mengajak masyarakat untuk berprilaku sehat yang ditandai dengan pembubuhan Cap Tangan dan Cuci Tangan Massal di halaman Kantor Bupati, Rabu 14 November 2018.
 
Turut hadir Ketua DPRD Fauzi Hasan, Kajari Budi Rahardjo, Ketua BKMT Syamsidar, para Asisten dan Staf Ahli, Kadis Kesehatan, Ruswita dan para Kepala OPD, Kabag Humas dan Protokol Hery Saputra, Camat Tebing Tinggi, Helfandi beserta Kades, para pendidik dan murid PAUD.
 
Pencanangan Gerakan Hidup Bersih Tahun 2018 di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, ditandai dengan pembubuhan Cap Tangan oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD di ikuti oleh Forkopimda dan pejabat eselon II, dilanjutkan dengan Cuci Tangan Massal pakai sabun dan pelepasan balon ke udara serta pemotongan tumpeng oleh Ketua BKMT Meranti, Syamsidar disaksikan seluruh hadirin.
 
 
Usai melakukan pencanangan Gerakan Maayarakat Hidup Sehat, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim, menghimbau seluruh masyarakat terutama anak anak dan remaja, untuk menjalankan prilaku hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri.
 
"Mari kita budayakan berprilaku hidup bersih yang dimulai dengan menjaga diri dan keluarga untuk sehat," ajak Wakil Bupati.
 
Menurutnya lagi, membudayakan hidup sehat tak cukup hanya menjaga diri tetap sehat tapi juga menjaga diri dari pergaulan yang tidak sehat, dan selalu memakan makanan sehat.
 
 
"Untuk hidup sehat, kita juga perlu menjaga pergaulan yang sehat, makan makanan yang sehat, dan saya minta kepada para pendidik untuk mengawasi jajanan yang dijual di sekolah, jangan sampai makanan yang dijual tidak higienis mengandung pengawet dan perwarna yang tidak dibenarkan," ujar Wakil Bupati.
 
Dan yang sangat mengkhawatirkan saat ini, menjauhi diri dari pergaulan Seks bebas dan LGBT yang mulai marak di era milenial saat ini. "Mari para remaja jauhi Seks bebas apalagi LGBT, penyakit ini bisa menular," ucap Wabup.
 
Terakhir, untuk mewujudkan kualitas hidup sehat secara masiv di wilayah Kepulauan Meranti, Wabup Said Hasyim meminta para Camat dan Kades untuk mensosialisasikan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.
 
"Saya belum melihat adanya gerakan dari Camat dan Kades untuk mensosialisasikan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, mulai saat ini mari Camat atur bagaimana sampah tidak berserakan di wilayah masing-masing, carikan solusinya," tegas Wabup.
 
 
Sementara itu, Camat Tebing Tinggi Helfandi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara Germas, khususnya pihak Puskesmas Tebing Tinggi, ia berharap dengan digelarnya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan masyarakat di Kepulauan Meranti.
 
Himbauan prilaku hidup sehat juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Ruswita, menurutnya kurangnya kesadaran dan kemauan masyarakat terhadap pentingnya hidup sehat merupakan faktor utama tingginya resiko terserang penyakit pada masyarakat itu sendiri. Baik penyakit menular maupun tidak menular. Untuk itu perlu dilaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) guna mewujudkan Kepulauan Meranti yang sehat.
 
Germas merupakan gerakan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan semua komponen masyarakat mewujudkan hidup sehat. Adapun yang menjadi fokus pada gerakan ini adalah Peningkatan Aktfitas Fisik, Peningkatan Prilaku Hidup Sehat, Penyediaan Pangan Sehat dan Percepatan Perbaikan Gizi, Peningkatan Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit, Peningkatan Kualitas Lingkungan, Peningkatan Edukasi Hidup Sehat.
 
"Semoga dengan gerakan ini dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup," ujarnya.
 
 
Sekedar informasi, seperti dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Meranti, sosialisasi Germas sendiri dilaksanakan melalui kegiatan Senam Sehat, Makan Buah Bersama, Promosi Konsumsi Minuman Herbal, Cuci Tangan Pakai Sabun bersama Peserta Didik.
 
"Kita mengharapkan dengan membiasakan hidup sehat sejak dini pada peserta didik dapat mewujudkan generasi penerus bangsa yang peduli akan kesehatan, baik untuk diri sendiri maupun lingkungannya demi Indonesia sehat yang memiliki generasi berprestasi," ujar Ruswita.
 
Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada pensiunan Pegawai Dinas Kesehatan Meranti dan kepada para Murid SD pemenang lomba dalam rangka Hari Kesehatan.
 
Kegiatan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kepulauan Meranti juga disemarakkan dengan Senam Bersama dan Pemberian Doorprize menarik mulai dari Kulkas Sepeda dan lainnya kepada para peserta yang beruntung. (adv)

Berita Lainnya

Index