Sinaboi Rohil Jadi Spot Wisata Memancing

Sinaboi Rohil Jadi Spot Wisata Memancing
Wabup Rohil, H Jamiluddin dapat ikan sembilang saat mancing di Sinaboi pada HUT Rohil. f-amran
ROHIL - Perairan laut di Kecamatan Sinaboi, kini menjadi lokasi atau spot objek wisata mancing Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Pemkab Rohil sudah melaksanakan beberapa kali lomba mancing di perairan laut di Kecamatan Sinaboi.
 
Mendukung perairan Sinaboi sebagai objek wisata mancing, Bupati Rohil H Suyatno, mengatakan Pemda Rohil akan meningkatkan kualitas jalan masuk dari simpang Jalan Poros Sinaboi-Bagansiapiapi menuju ke perkampungan Sinaboi Kecil.
 
"Jalan masuk kemari itu luar biasa parahnya. Pada hal ini objek wisata kita, dan untuk kelancaran penyelengaraan lomba mancing. Tahun ini kita benahi jalan masuk itu," kata Bupati Rohil H Suyatno, saat meresmikan Lomba Mancing dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke 47, dan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKN) ke 54 Tahun 2018, Minggu, 2 Desember 2018 di Sinaboi Kecil, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rohil.
 
Bupati H Suyatno di sambut pertunjukan pencak silat di acara Lomba Memancing HUT Korpri di Sinaboi Kecil.
 
Dikatakan Bupati H Suyatno, ruas Jalan Sinaboi - Bagansiapiapi adalah ruas jalan provinsi dan merupakan tanggung jawab provinsi. Sedangkan ruas jalan dari jalan provinsi menuju ke perkampungan Sinaboi Kecil, merupakan tanggung jawab  Pemda Rohil.
 
"Tahun ini akan kita siapkan jalan masuk kemari," jelas Bupati Rohil H Suyatno.
 
Dikesempatan itu, Bupati Rohil H Suyatno juga menyampaikan apresiasi atas penyambutan masyarakat Sinaboi. Penyambutan, sebut Bupati Suyatno, dilakukan dengan atraksi silat dan pertunjukan rabana, yang merupakan atraksi dan tradisi masyarakat Rohil.
 
"Saya kaget ada penyambutan dengan rabana dan silat, biar pun hari hujan membasahi bumi Kecamatan Sinaboi," terang Bupati Suyatno.
 
Sekda H Surya Arfan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba mancing HUT Korpri.
 
Sekda Rohil H Surya Arfan mengatakan, objek wisata mancing di Sinaboi ini setiap minggu ramai didatangi para wisatawan mancing mania. Hanya saja sebagai kawasan objek wisata mancing di Rohil, spot mancing di Sinaboi belum dikenal secara luas.
 
"Sinaboi ini memang sudah menjadi objek wisata mancing, Hanya belum viral saja. Tapi para mancing mania yang dari Dumai dan Duri, mereka kemari. Setiap minggu ramai. Kesiapan masyarakat mendukung objek wisata mancing ini saya kira siap. Kita minta juga kepada Pak Camat dan Penghulu-Penghulu mengelola," terang Sekda Surya Arfan.
 
Sekda juga menyampaikan kepada pemilik kapal atau boat tidak menerapkan sewa yang mahal kepada wisatawan dan para mancing mania yang menyewa boat.
 
"Jangan terlalu mahal harganya. Jangan nanti kalau ramai wisatawan yang datang mancing, sewa boat makin mahal. Nanti kalau sewa boat mahal, orang tidak mau datang. Harga sewa yang terjangkau, sehinggga orang datang memancing," jelasnya.
 
Sekda H Surya Arfan bersama Kajari Rohil Gaos Wicaksono dan Kapolsek Sinaboi AKP Ruslan beserta peserta dan pemenang lomba memancing di Sinaboi Kecil.
 
Dengan ramai para wisatawan mancing mania memancing di Sinaboi, Sekda H Surya Arfan mengatakan diharapkan akan berdampak pula pada sektor ekonomi masyarakat.
 
"Mereka kan tidak hanya sewa boat, tapi juga berbelanja lainnya. Sehingga nanti kehadiran para mancing mania akan berdampak positif pada ekonomi masyarakat," kata Sekda.
 
Mengenai fasilitas jalan menuju ke Sinaboi Kecil, Sekda H Surya Arfan mengatakan sebagai mana dijanjikan Bupati Rohil H Suyatno, Pemkab Rohil akan membangun jalan menuju ke perkampungan Sinaboi Kecil.
 
"Pembangunan jalan ke dalam sini dalam rangka kelancaran para mancing mania lewat masuk kemari," tutur Sekda H Surya Arfan. (amran/adv)

Berita Lainnya

Index