Pemkab Rohil Raih Penghargaan Opini WTP LKPD Tahun 2018

Pemkab Rohil Raih Penghargaan Opini WTP LKPD Tahun 2018
Bupati Rohil H Suyatno menerima Piagam Penghargaan Predikat WTP atas LKPD tahun 2018 dari Gubri H Syamsuar bertempat di ballroom Arya Duta, Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Foto Humas Pemkab Rohil
ROKAN HILIR – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memperoleh penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Kinerja Perangkat Daerah (LKPD) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rohil Tahun 2018.
 
Bupati Rohil H Suyatno langsung menerima sertifikat penghargaan Predikat WTP 2018 tersebut dari Gubernur Riau H Syamsuar, pada acara Seminar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan Kebijakan Dana Transfer Tahun Anggaran 2020, Selasa, 29 Oktober 2019 lalu, di ballroom Hotel Arya Duta, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.
 
Penghargaan predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tahun 2018 merupakan predikat WTP kali kedua diperoleh Kabupaten Rohil, setelah predikat yang sama diperoleh pada LKPD APBD 2017 pada 2018 lalu.
 
Bupati Rokan Hilir H Suyatno, didampingi Kasubbag Humas Hasnul Yamin SE, Rabu 6 November 2019 menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk OPD yang telah serius bekerja, sehingga Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan predikat WTP.
 
"Hal ini kedepan akan menjadi cambuk kita untuk tetap bekerja sebaiknya, karena untuk mempertahankan predikat ini pastinya banyak tantangan kedepan serta memerlukan keseriusan dan komitmen semua pihak," kata Bupati Suyatno.
 
Juga mengenai PAD, Bupati menjelaskan Pemkab Rohil terus menyikapinya dengan mendata perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Rohil untuk nantinya akan ditertibkan dan tingkatkan dalam penerimaan pajak.
 
Bupati H Suyatno, Sekda H Surya Arfan, Kepala BPKAD H Syafruddin HS dan Kepala Bappemas Rohil H Jasrianto dengan sertifikat Wajar Tanpa Pengecualian 2018. Foto Humas Pemkab Rohil
 
"Setahu saya info dari Pak Gubernur Riau untuk seluruh provinsi Riau ada lebih kurang 2,5 juta perusahaan, dan yang baru terdata tertib pajaknya sekitar 1,2 juta, maka kami berkomitmen dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk bersinergi dalam hal tersebut," terang Suyatno.
 
Turut hadir pada acara yang dibuka oleh Gubernur Riau tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil H Surya Arfan MSi, Kepala BPKAD Rohil H Syafrudin, dan Kepala Bappemas Rohil H Jasrianto.
 
Kegiatan Seminar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan Kebijakan Dana Transfer Tahun Anggaran 2020, mengangkat tema "Tingkatkan Sinergi untuk Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Negara yang Kredibel", dengan sebagai pelaksana Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau.
 
Beberapa pokok pembahasan dalam kegiatan tersebut seperti tentang kebijakan penyaluran DBH Triwulan IV yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kurang bayar sampai dengan Tahun 2019 sambil memperhitungkan lebih bayar tahun sebelumnya untuk beberapa daerah.
 
Melanjutkan kebijakan berdasarkan realisasi penerimaan negara untuk penguatan implementasi penggunaan 25 persen Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk belanja infrastruktur publik.
 
Bupati Rohil H Suyatno bersama Gubri H Syamsuar serta kepala daerah di Riau yang juga menerima predikat WTP 2018. Foto Humas Pemkab Rohil
 
Selanjutnya Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) APBN 2020 bertujuan untuk mendukung perbaikan kualitas layanan dasar publik di daerah, akselerasi daya saing, mendorong belanja produktif yang dapat meningkatkan aset daerah.
 
Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan WTP atas LKPD tahun 2018 ke Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang diterima langsung oleh Bupati H Suyatno. Ini merupakan predikat WTP kedua yang berhasil di raih Pemkab Rohil.
 
Dalam sambutan, Gubernur Riau menyampaikan selamat atas keberhasilan Kabupaten Rohil memperoleh predikat WTP dari BPK RI.
 
"Selamat sekali lagi kepada Kabupaten Rokan Hilir yang telah mendapatkan WTP atas LKPD tahun 2018. Semoga ini menjadi motivasi untuk menambah anggaran kedepannya dan lebih berbuat maksimal," ucap Gubernur Riau. (adv rohil/amran)

Berita Lainnya

Index