5 Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Ginjal

Dibaca: 625 kali  Sabtu,28 Desember 2019 | 01:44:00 WIB

5 Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Ginjal
Ket Foto : Ilustrasi ginjal. Foto Shutterstock

PENDERITA penyakit ginjal perlu membatasi pola makan mereka. Sebab, ketika organ tubuh tersebut tak bisa bekerja dengan baik, residu makanan tak akan tersaring, dan menumpuk di aliran darah kita.
 
Pembatasan pola makannya pun bervariasi, tergantung pada tingkat kerusakan ginjal yang dialami. Dilansir Healthline via kumparan, terlepas dari pembatasan jenis makanan yang bervariasi, ada beberapa nutrisi yang harus dihindari penderita penyakit ginjal, antara lain; fosfor, sodium, dan kalium.
 
Untungnya, ada beberapa makanan yang kaya akan nutrisi, namun memiliki kadar fosfor, sodium, dan kalium yang rendah.
 
Apa saja makanan yang aman untuk dikonsumsi para penderita ginjal? Berikut ulasan selengkapnya:
 
1. Blueberry
Ilustrasi blueberry Foto: dok.shutterstock
 
Blueberry mengandung segudang nutrisi dan salah satu makanan dengan sumber antioksidan terbaik. Buah beri tersebut mengandung antioksidan bernama anthocyanin, yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker, gangguan kognitif, dan diabetes.
 
Selain itu, buah blueberry juga cocok dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit ginjal, karena kadar sodium, fosfor, dan kaliumnya yang rendah.
 
2. Putih telur
omelet putih telur Foto: Shutterstock
 
Meski kuning telur kaya akan nutrisi, tapi kandungan fosfornya cukup tinggi, sehingga harus dihindari penderita penyakit ginjal. Sebaliknya, putih telur menjadi pilihan yang lebih baik untuk dikonsumsi.
 
Putih telur menyediakan sumber protein berkualitas tinggi yang ramah ginjal. Selain itu, makanan ini bisa jadi pilihan terbaik untuk orang yang menjalani perawatan dialisis, yang membutuhkan asupan protein lebih tinggi, namun perlu membatasi fosfor.
 
3. Paprika
Paprika Merah dan Kuning Foto: Pixabay
 
Tak seperti sayuran lainnya, paprika kaya akan nutrisi, tetapi memiliki kandungan kalium yang rendah. Sayuran dengan warna cerah ini sarat akan antioksidan vitamin C.
 
Bukan itu saja, sebuah studi berjudul The immune system and kidney disease: basic concepts and clinical implications juga mengungkapkan, paprika kaya akan vitamin A. Jenis vitamin tersebut berfungsi meningkatkan sistem imun, yang kerap dikaitkan dengan penderita penyakit ginjal.
 
4. Lobak
Ilustrasi lobak. Foto: Pixabay
 
Satu lagi sayuran yang baik untuk disantap oleh penderita penyakit ginjal. Kandungan kalium dan fosfor dalam lobak tergolong rendah, namun kaya akan nutrisi penting lainnya. Sayuran bertekstur rendah ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik, jenis antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan katarak.
 
Cita rasanya yang menyerupai merica pun bisa menambah kenikmatan rasa saat disajikan dengan hidangan yang rendah sodium.
 
5. Anggur merah
Anggur merah Foto: Pixabay
 
Tak hanya menyegarkan, buah anggur juga mengandung segudang nutrisi. Buah ini kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan bernama flavonoid, yang bisa mengurangi inflamasi pada tubuh.
 
Lebih lanjut, anggur merah juga mengandung resveratrol, sejenis flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah diabetes, serta gangguan kognitif.
 
Dengan kadar sodium, fosfor, dan kalium yang rendah, buah anggur merah ramah untuk dikonsumsi penderita penyakit ginjal. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com