5 Kesalahan Memasak yang Kerap Terjadi

5 Kesalahan Memasak yang Kerap Terjadi
ilustrasi
JAKARTA - Banyak orang yang hobi memasak dan tak sedikit yang rela belajar keras untuk itu. Sayangnya, tak sedikit pula kesalahan-kesalahan yang dilakukan ketika berada di dapur.
 
Dilansir dari Independent via Tempo.co, berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan berkaitan dengan dapur dan memasak berdasarkan jawaban para juru masak.
 
1. Membeli bahan makanan berlebihan
 
Tilesh Chudasama, pendiri dan koki restoran India Chai Naasto mengungkapkan ada banyak sekali orang yang melakukan kesalahan ini. Mereka membeli bahan-bahan masakan yang berlebih sehingga tak jarang sisanya harus dibuang. Menurutnya, ada banyak trik kecil yang bisa dilakukan untuk menghindarinya, seperti membeli lebih sedikit, membekukan sisa bahan makanan, membagikannya, mendaur ulang sisa makanan untuk menu baru. Intinya, jangan dibuang!
 
2. Manajemen waktu
 
Richard Bainbridge, koki restoran Benedicts mengatakan manajemen waktu menjadi hal penting dan sering tidak dihiraukan banyak orang ketika berada di dapur dan melakukan aktivitas memasak. Dia mengungkapkan dengan meluangkan waktu untuk mengatur diri sendiri termasuk untuk berada di dapur akan berdampak pada proses memasak yang lebih santai dan menyenangkan.
 
3. Tidak terorganisir
 
Ani Arora, kepala koki di Nircana Kitchen di London mengatakan kesalahan fatal banyak orang berkaitan dengan proses memasak adalah tidak terorganisir dan tidak bersih-bersih. Hal tersebut menjadikan kegiatan masak tidak efisien dan tidak menghasilkan sajian terbaik. Menurutnya, setiap orang perlu untuk menyusun dapurnya secara teratur dan memastikan kebersihannya selalu terjaga.
 
4. Tidak mencicipi makanan
 
Paul Wedgwood, salah satu pemilik restoran Wedgwood di Edinburgh, Skotlandia, mengutarakan satu hal yang menjadi bagian penting dari memasak adalah mencicipi dulu masakan yang dibuat. Dia menegaskan, kendati telah sering memasak menu yang sama, mereka tetap perlu mencicipinya terlebih dulu untuk benar-benar memastikan rasa yang dihasilkan.
 
5. Terpaku pada resep
 
Dan Doherty, direktur juru masak Duck & Waflle menyebutkan banyak orang yang baru belajar memasak ketika mencoba hidangan baru sangat terpaku pada resep yang didapat dari berbagai sumber, bahkan hingga detail-detail bahan tambahan. Padahal, seharusnya memasak adalah kegiatan yang menyenangkan sehingga perlu untuk bereksplorasi dengan apa yang dimiliki. Ikuti resep dasarnya dan kembangkan sesuai dengan keinginan. (red)

Berita Lainnya

Index