Ini 10 Seleb yang Meninggal karena COVID-19

Dibaca: 133 kali  Senin,05 Juli 2021 | 04:51:00 WIB

Ini 10 Seleb yang Meninggal karena COVID-19
Ket Foto : Para artis yang meninggal dunia karena COVID-19

JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia terus menanjak. Hingga Jumat (2/7) kemarin, jumlah korban jiwa sudah mencapai 59.534, terhitung sejak awal pandemi pada Maret 2020 lalu. Belakangan juga banyak artis yang meninggal karena Covid-19.
 
Mulai dari aktris, musisi hingga dalang kenamaan tutup usia setelah berjuang melawan virus corona. Siapa saja mereka?
 
1. Jane Shalimar
 
 
Minggu (4/7), Jane Shalimar meninggal dunia. Jane dinyatakan positif covid sejak Kamis (24/6) lalu. Pemilik nama lengkap Jane Shalimar Jashkilka itu langsung mengalami gejala berat setelah positif.
 
Kondisi Jane terus menurun. Saturasi oksigennya pun anjlok. Selama beberapa hari, Jane tak sadarkan diri dan dirawat secara intensif di Rumah Sakit Jakarta Medical Center, Jakarta Selatan.
 
2. Ki Manteb Sudharsono
 
 
Dalang kenamaan, Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia pada Jumat (2/7) pagi di rumahnya. Kabar tersebut disampaikan oleh Sekretaris Paguyuban Dhalang Surakarta (Padhasuka), Ki Sugeng Nugroho.
 
"Mas Manteb wafat pagi ini. Baru saja saya dikabari oleh Mbak Warti (istri Ki Manteb, red). Mas Manteb wafat di rumahnya. Ini saya sedang perjalanan ke rumah duka," ujar Ki Sugeng, Jumat (2/7).
 
Menurut pengakuan putra Ki Manteb, Ade Irawan, sang ayah memang telah dinyatakan positif Covid-19. Ki Manteb juga memiliki riwayat penyakit paru-paru.
 
Ade mengungkapkan, sebelum sakit, Ki Manteb sempat ke Jakarta bersama anak dan istrinya. Setelah kembali ke Karanganyar, Ki Manteb juga sempat pentas wayang di rumah, Minggu (27/6).
 
"Di Jakarta kurang tahu acara apa, kayaknya pentas wayang. Setelah pentas live streaming itu, Senin (28/6) sakit karena mungkin kecapekan. Sakit dan dirawat di rumah terus panggil dokter untuk memeriksa kondisinya dan diinfus," ungkapnya.
 
Kamis (30/6) pagi, Ki Manteb sempat menjalani tes swab. Hasilnya pun positif. Keluarga memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri, karena rumah sakit penuh.
 
"Terus akhirnya pagi ini dapat Rumah Sakit Jati Husada Karanganyar dan mau dibawa kesana tapi pagi ini malah nggak ada," imbuh Ade.
 
3. Edy Oglek
 
 
Pemain sinetron Tukang Bubur Naik Haji, Edy Suwandi alias Edy Oglek meninggal dunia, Senin (28/6) sore. Sebelum menghembuskan napas terakhir, Edy Oglek dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (24/6) lalu. Awalnya Edy hanya merasakan gejala ringan seperti pilek dan meriang.
 
"Gejalanya cuma flu, pilek, meriang aja. Tesnya hari Kamis siang, dia positif," ujar asisten Edy, Jas.
 
Setelah dinyatakan positif, Edy pun melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Namun pada Senin (28/6) dini hari kondisi laki-laki 53 tahun itu menurun drastis. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit.
 
"Karena kondisinya ngedrop, pukul 01.30 WIB saya ditelepon istrinya, ‘Bang Edy ngedrop.’ Akhirnya Senin subuh kita bawa ke RSUD Bekasi," imbuh Jas.
 
Sesampainya di rumah sakit, Edy langsung dirawat di IGD. Namun kondisinya terus menurun. Jas mengungkap Edy kesulitan untuk bernapas. Namun pemain sinetron Tuhan Ada di Mana-Mana tidak mengeluh.
 
"Sampai ke rumah sakit langsung ditangani dokternya, langsung masuk IGD. Yang lain, kan, di tenda, kita langsung ditangani di IGD. Di situlah mulai ngedrop, ngedrop. Kalau saya lihat, pas lagi ngedrop banget, dia napasnya agak susah, sih. Cuma, saya tanya, ‘Sesak, enggak?’ ‘Enggak," beber Jas. 
 
4. Aria Baron Suprayogi
 
 
Eks gitaris GIGI, Aria Baron Suprayogi wafat karena Covid-19 pada Selasa (29/6) lalu. Kabar duka tersebut disampaikan oleh Armand Maulana lewat Instagram-nya.
 
"Inna Lillahi wa innailaihi Rojiuun, Allahumagfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wafuanhu. Telah berpulang ke Rahmatullah. H. Aria Baron Suprayogi Arafat Bin Ariono Suprayogi Selasa, 29 Juni 2021 pukul 10.51 WIB di RSPAD. Semoga Allah menempatkan beliau di sisi-Nya," tulis Armand.
 
Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Baron sempat dirawat karena Covid-19. Armand juga mengungkap kalau Baron membutuhkan donor plasma darah.
 
5. Wan Abud
 
 
Fuad Alkhar alias Wan Abud jadi salah satu artis yang meninggal dunia karena Covid-19. Pemain sinetron Putri Duyung itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 62 tahun di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (18/6).
 
6. Raditya Oloan
 
 
Raditya Oloan meninggal dunia karena Covid-19 pada Kamis (6/5). Sang istri, Joanna Alexandra mengungkap kalau Raditya Oloan sempat alami badai sitokin sebelum meninggal dunia.
 
Sebelum Radit menghembuskan napas terakhirnya, Joanna mengungkap kalau suaminya itu telah dinyatakan negatif Covid-19. Namun kondisi laki-laki 36 tahun itu pun malah menurun. Ia pun harus dirawat di ICU.
 
7. Rina Gunawan
 
 
Selasa 2 Maret 2021, Rina Gunawan menghembuskan napas terakhirnya setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit karena Covid-19. Kondisi Rina sempat kritis, sampai harus dirawat di ruang ICU. Istri Teddy Syach itu juga memiliki penyakit bawaan yakni asma.
 
8. Soraya Abdullah
 
 
Bintang iklan sekaligus sinetron, Soraya Abdullah tutup usia pada 1 Februari 2021 karena Covid-19. Ia meninggal setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam, Tangerang.
 
9. Farida Pasha
 
 
Aktris senior, Farida Pasha juga jadi korban Covid-19. Pemeran Mak Lampir itu meninggal dunia pada 16 Januari 2021.
 
10. Yopie Latul
 
 
Pelantun lagu Poco Poco, Yopie Latul meninggal dunia karena Covid-19 pada 9 September 2020. Ia menghembuskan napas terakhirnya di usia 66 tahun di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong, Jawa Barat. (tabloidnyata.com/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com