Satgas Karhutla Riau Berhasil Padamkan Kebakaran di Pulau Rupat

Dibaca: 188 kali  Kamis,29 Juli 2021 | 04:43:00 WIB

Satgas Karhutla Riau Berhasil Padamkan Kebakaran di Pulau Rupat
Ket Foto : Foto udara kebakaran lahan di Pulau Rupat, Bengkalis (Foto dok BPBD Riau)

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai terjadi di beberapa kabupaten/kota, Riau. Seperti pada Rabu kemarin terpantau 60 titik panas (Hotspot) di beberapa daerah.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, dari 60 titik Hotspot di Riau, dua diantaranya merupakan titik api (Firespot).
 
"Hari ini titik api berada di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis dan Lubuk Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Riau baik darat dan udara hari ini fokus mengatasi kebakaran di dua wilayah itu," kata Edy Afrizal, Rabu (28/7/2021).
 
Edy mengatakan, untuk mengatasi kebakaran di Pulau Rupat pihaknya mengerahkan dua helikopter untuk water bombing. Sedangkan kebakaran di Inhil diterbangkan satu helikopter water bombing.
 
"Saat ini kebakaran sudah berhasil dipadamkan oleh tim. Namun tim masih standby jika memastikan api benar-benar padam, karena lahan yang terbakar merupakan lahan gambut dan semak belukar," terangnya.
 
Lebih lanjut Edy menyatakan, saat ini pihaknya tetap siaga mengantisipasi Karhutla di kabupaten/kota. Sebab saat ini dan diperkirakan sampai Agustus wilayah musim kemarau.
 
"Meski pandemi kita tetap siaga. Karena kita sudah masuk musim kemarau, yang diperkirakan sampai Agustus mendatang," pungkasnya. (mcr)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com