Berisiko, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Setelah Disuntik Vaksin COVID-19

Dibaca: 121 kali  Rabu,08 September 2021 | 10:31:00 WIB

Berisiko, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Setelah Disuntik Vaksin COVID-19
Ket Foto : Warga saat divaksin Covid-19 di Makorem 063 SGJ, Jalan Brigjen Dharsono, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Rabu 11 Agustus 2021

JAKARTA - Program vaksin COVID-19 terus digencarkan di seluruh Indonesia. Namun, informasi dan edukasi terkait dengan vaksinasi COVID-19 masih belum merata.
 
Alhasil, ada sejumlah pihak yang belum mengetahui larangan setelah vaksin COVID-19.
 
Masyarakat harus mematuhi larangan setelah vaksin COVID-19 supaya memiliki antibodi atau kekebalan terhadap virus corona yang optimal.
 
Dalam program Kamusehat di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menegaskan bahwa setidaknya ada 4 larangan setelah vaksin Covid-19, seperti dilansir tribuncirebon.com:
 
Alkohol
 
Larangan pertama setelah vaksin Covid-19 adalah minum alkohol.
 
"Jauhi alkohol, tapi banyak yang bertanya kalau tape bagaimana, karena kan ada alkoholnya. Kalau makanan atau minuman berfermentasi itu alkoholnya rendah. Yang tidak boleh itu minuman beralkohol," jelasnya.
 
Karena di dalam minuman beralkohol cenderung tidak ada zat gizi yang lain yang bisa mengalahkan kandungan alkohol tersebut dan yang berguna bagi tubuh.
 
Sedangkan dalam makanan atau minuman fermentasi, di dalamnya terdapat probiotik yang baik bagi tubuh.
 
Lemak trans
 
Larangan kedua setelah vaksin COVID-19 konsumsi makanan mengandung lemak trans.
 
"Asupan yang menurunkan kemampuan tubuh untuk membentuk antibodi adalah yang tinggi gula dan tinggi lemak trans atau lemak jahat," ungkap dr. Santi menegaskan.
 
Hal yang satu ini biasanya terdapat dalam hidangan yang digoreng, keripik, kerupuk dan creamer. Jadi, makanan sejenis ini bisa dihindari setelah menerima vaksin COVID-19.
 
Rokok
 
Larangan ketiga setelah vaksin COVID-19 adalah merokok. "Rokok juga sebaiknya dihindari," tegasnya.
 
Mengapa demikian? Karena rokok menurunkan kemampuan tubuh untuk membentuk antibodi melawan virus penyebab COVID-19.
 
Dengan demikian, dr. Santi menyarankan untuk tidak merokok setelah menerima vaksinasi agar vaksin tersebut bisa bekerja lebih optimal dalam membentuk antibodi tersebut.
 
Stres
 
Larangan keempat setelah vaksin COVID-19 adalah stres. "Jangan stres, karena kalau kita stres, sel-sel kekebalan tubuh itu ikut terdampak secara langsung," sambung dr. Santi menegaskan.
 
Hal ini mungkin menjadi tantangan beberapa pihak, mengingat kondisi pandemi COVID-19 memang membawa dampak dan perubahan yang tidak mudah bagi masyarakat Indonesia, khususnya secara ekonomi.
 
Namun, menjaga pikiran agar tidak stres sangat penting dilakukan khususnya setelah vaksinasi agar antibodi pun terbentuk secara baik.
 
Itulah larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan setelah menerima vaksin COVID-19. Ingat, setelah disuntik vaksin COVID-19, Anda juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com