Gubernur Serahkan Penghargaan 3 Desa Wisata Terbaik di Riau

Gubernur Serahkan Penghargaan 3 Desa Wisata Terbaik di Riau
Gubernur Riau H Syamsuar menyerahkan penghargaan kepada Pengulu Kampung Dayun
SIAK - Gubernur Riau, H Syamsuar memberikan penghargaan kepada pemenang lomba desa wisata tingkat provinsi Riau, Jumat (19/11/2021), di Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.
 
Kegiatan Lomba Desa Wisata tahun 2021 ini, ditaja oleh Dinas Pariwisata Pariwisata (Dispar) Riau. Sebanyak 12 Desa Wisata terbaik dari kabupaten/kota di Riau, ikut serta dalam ajang ini.
 
Terpilih sebagai pemenang yaitu, Juara 1 adalah Desa Wisata Kampung Dayun, Kabupaten Siak, Juara 2 Desa Wisata Meskom, Kabupaten Bengkalis, dan Juara 3 adalah Desa Wisata Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu. Pada kesempatan itu Gubernur Riau juga menyerahkan sertifikasi halal LPPOM MUI, kepada pelaku usaha UMKM Riau.
 
Gubernur Syamsuar mengatakan, Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan, tersebar di 12 kabupaten dan kota. Dari jumlah ini, sebanyak 123 desa telah dicanangkan sebagai desa wisata.
 
Ia menyampaikan, bahwa kegiatan lomba Desa Wisata ini bertujuan untuk mendorong pengelola desa wisata berperan aktif untuk mengembangkan desa wisata.
 
"Alhamdulillah kegiatan lomba desa wisata ini bisa dilaksanakan dengan baik. Terima kasih kepada dewan juri yang telah bekerja maksimal. Tahun depan Dinas Pariwisata provinsi Riau akan menggelar lomba ini secara terbuka atau umum. Jadi semua desa bisa ikut dalam lomba desa ini," ujar Syamsuar.
 
Gubernur Riau mengatakan, saat ini sektor pariwisata di Riau hanya bisa berharap dari kunjungan wisatawan domestik. Hal itu lantaran pandemi COVID-19 belum berakhir. Kemudian, pintu masuk bandara internasional masih ditutup.
 
"Saat kini kita hanya bisa mengandalkan kunjungan turis lokal. Karena masa pandemi belum tahu kapan berakhir. Apalagi di sejumlah negara Eropa dan Negara tetangga Singapura dan Malaysia kasus COVID-19 naik. Untuk kita semua harus tetap menerapkan protokol kesahatan secara disiplin," tukasnya.
 
Turut hadir pada acara ini, Bupati Siak, Alfedri. Ia mengatakan, bahwa di Kabupaten Siak ada 21 desa wisata. Satu di antaranya Desa Wisata Dayun yang saat ini bisa mengelola desa secara swadaya dan mandiri.
 
"Anggaran Desa Dayun didapat melalui dana desa Rp1,8 miliar dan bantuan dari swasta Rp1 miliar. Kini pendapatan di Desa Dayun per bulan bisa mencapai Rp 25 juta hingga Rp30 juta. Hasilnya ini untuk Pokdarwis dan Desa.
 
Alfedri mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau dan dukungan stakeholder terkait lainnya. Lantaran telah melakukan pembinaan kepada Pokdarwis yang ada di Kabupaten Siak.
 
Dalam penilaian lomba desa wisata, Dispar Riau melibatkan dewan juri profesional yaitu Osvian H Putra (Master Assesor), Dr. Ir. Eni Sumiarsih, M.Sc (Ketua STP Riau), dan Dr. Reno Renaldi, SKM, M.Kes (Dosen STIKES Hang Tuah).
 
Sebelumnya, dewan juri ini telah melakukan penilaian di sejumlah desa yang tersebar di Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kuansing, Inhu, dan Inhil.
 
Sesuai dengan Kompetensi dan latar belakangnya, masing-masing dewan juri melakukan penilaian. Adapun cakupannya adalah hal-hal yang berkaitan dengan Sadar Wisata, Sapta Pesona Aksesibiltas, Atraksi dan Amenitas, Digital Promotion, dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability). (mcr)

Berita Lainnya

Index