Semut Listrik Bisa Memicu Kebakaran Gedung

Semut Listrik Bisa Memicu Kebakaran Gedung
Semut Listrik
PEKANBARU - Beberapa waktu lalu, Negara Inggris dikejutkan dengan adanya koloni semut yang tiba-tiba datang menyerang. Mungkin kita berpikirnya, semut yang mendatangi negara tersebut hanyalah serangga berwarna hitam pada umumnya. Namun, pemikiran kita tersebut salah besar. Sebab, semut yang dimaksud adalah serangga penyuka peralatan elektronik.
 
Meski kita sering sekali melihat banyak kawanan semut menempel pada barang elektronik, tapi hewan satu ini berbeda dengan jenis lainnya lho. Semut ini tertarik dengan kabel listrik dan kotak sambungan. Maka dari itu, hewan kecil satu ini dijuluki semut listrik.
 
Cukup unik memang julukannya, tapi begitulah adanya. Semut listrik ini sangat suka sekali dengan peralatan elektronik yang mengandung banyak kabel di dalamnya.
 
Menurut Edward LeBurn, peneliti di University of Texas menyebutkan kalau semut ini tidak suka bersarang di dalam lubang tanah lantaran ukurannya yang hanya seperdelapan inci. Sehingga mereka merasa lebih aman untuk tinggal di peralatan elektronik yang sangat mudah untuk dilalui dan juga tidak ada hewan predator pemangsa mereka.
 
Bisa memicu konsleting listrik
 
Lalu, semut yang memiliki nama asli Rasberry Crazy ini ternyata bisa memicu konsleting listrik. Sebab, jika semut tersetrum, ia akan mengeluarkan feromon atau aroma untuk memberi tahu kepada koloni lainnya kalau kawanannya sedang diserang musuh. Sehingga semut-semut lain akan datang untuk membantu dengan cara menggigiti kabel yang dikira adalah musuhnya. Akibatnya, kabel listrik akan mengalami konsleting dan bisa juga menyebabkan kebakaran.
 
Nah, hal ini pun bisa terjadi pada saklar rumah kita. Mungkin kita jarang menemui masalah seperti ini, namun bisa saja saklar rumah rusak gara-gara dijadikan sarang oleh semut. Jadi, untuk mengetahui saklar rusak diakibatkan semut, ada caranya. Ketika saklar tidak dapat berfungsi dengan baik seperti biasanya, coba dekati perangkat tersebut. Bila kalian mendengar bunyi yang aneh dan tercium bau seperti aroma terbakar, maka ada kemungkinan semut listrik sedang bersemayam di saklarmu.
 
Untuk mencegah hal tersebut, memang masih belum ada langkah pasti yang bisa mengusir semut listrik itu. Namun, ada beberapa cara yang setidaknya bisa mencegah si semut gila ini mampir ke rumah anda.
 
Dilansir dari insekta.co.id, pertama-tama harus menutup celah atau retakan pada rumah guna menghindari semut listrik untuk masuk. Kemudian, gosoklah sekitar retakan atau celah dengan menggunakan detergen supaya menghilangkan feromon. (red)

Berita Lainnya

Index