Unggah Video Disebut Sering ke Gereja saat Muda, UAS: Fitnah Datang dari Kebencian

Unggah Video Disebut Sering ke Gereja saat Muda, UAS: Fitnah Datang dari Kebencian
Tangkapan layar Ustaz Abdul Somad disebut masuk gereja. [Instagram Ustaz Abdul Somad]
PEKANBARU - Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad atau UAS baru-baru ini mengunggah yang menyebut dirinya sering masuk gereja saat masih muda.
 
Video yang bersumber dari TikTok @rajanabasa itu diposting di Instagram resmi UAS ustadzabdulsomad_official pada Kamis (26/5/2022).
 
"Rupanya waktu masih suci, sering masuk gereja. Teman-teman apa ada yang mengenal pemuda ini?" begitu tulisan yang menempel pada video yang dibagikan UAS, dilansir SuaraRiau.id.
 
Mantan dosen UIN Suska Riau tersebut pun kemudian memberikan keterangan yang sebenarnya. Ia menyebut bahwa hal tersebut adalah fitnah. "Fitnah datang dari kebencian, lalu menyebar hoax." tulis caption UAS.
 
Dai asal Riau mengungkapkan bahwa video itu diambil saat dirinya menghadiri munaqasyah S3 di Kampus Kairo Mesir tahun 1998.
 
"Video ini adalah saat Uas menghadiri munaqasyah S3 Habib Hamid ibn Ali al-Mahdaly tahun 1998 di kampus al-Azhar Cairo Mesir." tegas ustaz bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara itu.
 
Postingan Ustaz Abdul Somad tersebut kemudian banyak dikomentari warganet. Tak sedikit yang mengecam video fitnah tersebut.
 
"Dikiranya bangku bersusun seperti itu cuma ada di gereja." komentar warganet.
 
"Semoga yg memfitnah dibalas oleh Allah, dan dilaknat.." tulis yang lain.
 
"Gencar bgt memfitnah UAS ... Dengki sekali hati kalian," kata netizen.
 
"Saya hanya bisa tertawa kepada orang yg suka ngefitnah beliau. Kemarin mendapat fitnah di tolak di Madura, saya santri Madura tidak melihat hal itu, bahkan beliau mengisi ceramah di pondok saya Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Semoga Allah selalu menjaga beliau dalam berdakwah agama," sahut akun lain.
 
Video itu juga ditanggapi Ustaz Felix Siauw dan Ustaz Derry Sulaiman.
 
"ga menua?" ujar Ustaz Felix Siauw.
 
"MasyaAllah… Makin di bakar makin wangi… sabar tadz, Allah bersama org org yg hancur hatinya…," sebut Ustaz Derry Sulaiman.
 
Diketahui, Ustaz Abdul Somad atau UAS beberapa waktu lalu mengaku ditolak masuk negara Singapura. Kala itu, ia bersama keluarga dan sahabatnya akan berlibur ke negara tersebut.
 
Pemerintah Singapura lalu menjelaskan alasan penolakan UAS ke negaranya. Menurut mereka, UAS mengajarkan ekstrimis dan menghina agama lain.
 
Penolakan tersebut memicu polemik, bahkan pendukung UAS melakukan aksi di Pekanbaru, Medan dan Jakarta. Tak hanya itu, ceramahnya di Madura juga disebut ditolak. (red)

Berita Lainnya

Index