Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha untuk Cegah Kolesterol

Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha untuk Cegah Kolesterol
Foto: Getty Images

PEKANBARU - Perayaan Idul Adha identik dengan menyantap olahan daging sapi atau kambing yang dibakar ataupun bersantan. Ikuti beberapa tips makan sehat berikut agar kolesterol tidak naik.

Biasanya daging sapi atau daging kambing yang didapatkan dari paket kurban Idul Adha diolah menjadi hidangan lezat yang dibakar ataupun berkuah bersantan. Seperti sate, rendang, gulai, hingga tongseng.

Olahan daging yang dibakar dan bersantan ini jika terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan kadar kolesterol darah naik. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengikuti beberapa tips makan sehat saat Idul Adha. Seperti mengonsumsi olahan daging dalam porsi kecil hingga mengimbanginya dengan makan sayuran.

Dilansir dari beragam sumber, berikut 4 tips makan sehat saat Idul Adha.

1. Cara Mengolah yang Lebih Sehat

Agar kolesterol tidak naik saat Idul Adha, cara mengolah daging kambing dan sapi perlu diperhatikan. Salah satunya dengan tidak menggunakan santan pada olahan daging yang kamu masak.

Ada beragam olahan daging sapi dan kambing tanpa santan yang bisa kamu buat. Seperti sup daging sapi, daging bumbu kecap, daging sapi lada hitam, empal gepuk, dan lainnya.

Daging kambing dan sapi juga bisa dijadikan sate yang lezat. Namun, proses membakarnya harus diperhatikan agar sate tetap sehat. Jangan memanggang terlalu kering atau gosong. Atau panggang dengan wajan atau panggangan listrik.

2. Pilih Bagian Daging yang Tidak Berlemak

Selain cara mengolahnya, bagian daging sapi juga menentukan kandungan lemaknya. Karena ada beberapa bagian daging yang kandungan lemaknya tinggi. Seperti sandung lamur atau bagian iga.

Pilih bagian daging sapi has atau lulur dalam atau lulur luar yang tak berlemak. Meskipun sedikit hambar tetapi lemaknya hampir tidak ada. Diolah dengan cara ditumis atau diungkep dengan bumbu bisa perkaya rasanya.

3. Tidak Makan Berlebihan

Kalau kamu tetap mengolah daging sapi atau kambing dengan jenis daging yang berlemak dan bersantan, sebaiknya tidak makan secara berlebihan. Cukup konsumsi dalam porsi sedang saja dalam sekali makan.

Daging sapi dan kambing mengandung nutrisi penting seperti protein, mineral, dan sejumlah vitamin dan lemak. Nutrisinya tetap diperlukan tubuh tetapi perlu dikonsumsi dalam jumlah terukur.

4. Konsumsi Sayuran

Saat Idul Adha jangan hanya mengonsumsi daging saja. Tapi, imbangi dengan sayuran. Menurut dr. Vito A Damay peran sayur sangatlah penting untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat di saluran pencernaan, seperti dikutip dari detikHealth.

Misalkan, ketika mengolah sop daging atau sop iga sapi, tambahkan sayuran. Seperti wortel, kentang, buncis, seledri, dan tomat. Kamu juga bisa menambahkan tomat pada tongseng daging kambing, karena kandungan likopen dalam tomat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Saat mengolah sate daging kambing atau sapi, sebaiknya siapkan acar mentimun segar. Karena, mentimun mengandung serat larut alami atau pektin yang membantu menurunkan kolesterol jahat. (red)

Berita Lainnya

Index