Ini 6 Minuman Khas Sumatera Barat yang Alami dan Menyehatkan

Ini 6 Minuman Khas Sumatera Barat yang Alami dan Menyehatkan
Ilustrasi Minuman Khas Sumatera Barat, Sumber www.unsplash.com

JIKA memiliki lidah petualang rasa, tentu Anda tidak ragu dalam mencicipi makanan dan minuman yang sama sekali asing. Selain terkenal karena kekayaan dan kelezatan masakannya, Sumatera Barat juga memiliki banyak minuman tradisional.

Sumatera Barat memiliki hawa yang sejuk karena diapit oleh gunung Marapi dan Singgalang. Tak heran jika minuman lokal Sumatera Barat menggunakan bahan alami yang tidak hanya segar diminum, namun juga berkhasiat dalam kesehatan.

Jika masakan Sumatera Barat sudah familiar di lidah Anda, kini saatnya mengenal 6 minuman khas Sumatera Barat yang tidak kalah memanjakan lidah.

Inilah 6 minuman khas Sumatera Barat yang alami sekaligus menyehatkan bagi tubuh, yang sebagian dikutip dari buku Kuliner Khas Sumatera: Tradisi Hingga Nilai Gizi, Hesti Ayuningtyas Pangastuti, ?Lasuardi Permana, ?Amalia Wahyuningtyas (2022:61),

Ampiang Dadiah

Dikenal sebagai yoghurt khas Sumatera Barat. Ampiang adalah beras ketan yang ditumbuk hingga pipih, sedangkan dadiah merupakan susu kerbau yang difermentasi secara tradisional di dalam wadah bambu berukuran 15-30 cm, dan ditutup dengan daun pisang atau waru selama 2-3 hari.

Aia Kawa

Atau dalam bahasa Minangkabau berarti air kopi daun, adalah minuman yang berasal dari hasil seduhan daun kopi layaknya teh. Sejarah aia kawa konon berawal dari peraturan VOC yang melarang pribumi mengambil biji kopi, sehingga masyarakat hanya bisa menikmati kopi dari daunnya.

Aia Aka

Atau disebut ubek tawa, yang terbuat dari perasan daun cincau hijau dengan tekstur kenyal dan cita rasa segar. Aia aka adalah minuman cincau yang disajikan dengan gula merah, santan, air daun kacang, asam, dan telur sesuai selera.

Es Tebak

Tebak merupakan cendol berwarna putih dengan tekstur lebih padat, yang terbuat dari tepung sagu dan tepung ketan. Es tebak mirip dengan es campur, karena disajikan dengan kolang kaling, nangka, kelapa muda, tape, alpukat, cincau hitam, serta es serut yang disiram dengan santan, sirup merah, dan susu kental manis.

Teh Talua (Teh Telur)

Merupakan minuman terbuat dari teh dan telur ayam kampung, yang dikocok menggunakan alat sejenis mikser sehingga menghasilkan gradasi warna yang cantik. Teh yang disajikan dengan jeruk nipis ini berkhasiat sebagai penambah stamina tubuh.

Tomat Top

Minuman unik dengan warna cantik ini terbuat dari susu, potongan tomat, dan telur ayam kampung setengah matang. Minuman ini dipercaya sebagai pereda nyeri dan penambah stamina.

Demikian 6 minuman khas Sumatera Barat yang bisa Anda buktikan kesegaran dan khasiatnya jika berkunjung ke sana. (*)

Berita Lainnya

Index