Empat Kriteria yang Harus Dimiliki Pemimpin Masa Depan

Empat Kriteria yang Harus Dimiliki Pemimpin Masa Depan
Ilustrasi

FAKTA bahwa dunia akan berputar jauh lebih canggih karena manusia semakin bergantung dengan mesin dan internet, menjadikan masing - masing dari Anda harus mempelajari apa saja keahlian yang wajib dimiliki pemimpin masa depan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja keahlian yang wajib dimiliki pemimpin masa depan? Apakah ini artinya setiap manusia wajib bisa jadi seseorang dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi?

Pengertian Kepemimpinan

Secara mudahnya, kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain sehingga mereka bersedia melakukan kegiatan bersama dalam meraih tujuan yang diinginkan.

Menjadi seorang pemimpin bukanlah sekadar memberikan perintah, tetapi lebih lanjut Anda harus bisa berkembang bersama dengan orang lain dan jadi sosok yang bijaksana serta lebih positif.

Keahlian pemimpin masa depan selain dipenuhi dengan hal-hal positif, seperti kejujuran, kompetensi, berpandangan maju, cerdas, adil, lugas, berani dan imajinatif, harus punya beberapa skill revolusioner lainnya.

Hal inilah yang dilakukan oleh WEF (World Economic Forum). Acara tahunan yang digelar setiap bulan Januari di Davos, Swiss, yang memang bertujuan membahas perihal ekonomi global.

WEF merilis artikel yang berkaitan dengan keahlian pemimpin yang sangat dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2025 mendatang. Apa saja? Berikut ulasannya :

1. Complex Problem Solving

Bisa dibilang kalau complex problem solving alias menyelesaikan masalah kompleks adalah keahlian pemimpin yang sangat penting di masa depan nanti.

Dari laporan WEF, 36% dari seluruh pekerjaan di seluruh industri bakal butuh kemampuan ini. Lewat keterampilan ini, pemimpin diharapkan bisa berpikir solid dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang, sebelum akhirnya memberikan solusi alternatif terbaik sembari mempertimbangkan berbagai dampaknya.

2. Critical Thinking

Kemampuan berpikir kritis juga sangat dibutuhkan pemimpin masa depan. Dengan memiliki keterampilan ini, pemimpin bisa berpikir secara logis dan mendalam sebelum akhirnya memberi keputusan yang paling efektif.

Sudah pasti dibutuhkan kesabaran dan daya pengamatan yang baik supaya si pemimpin senantiasa berpikir kritis sambil menghasilkan berbagai ide inovatif.

3. Creativity

Kendati di masa depan nanti akan ada banyak teknologi yang bisa membuat pekerjaan selesai lebih cepat, manusia harus tetap bisa berpikir kreatif.

Tak heran kalau mereka yang ada di posisi pemimpin, terutama berdekade - dekade mendatang, diwajibkan untuk selalu bisa memberikan ide-ide segar nan kreatif dan inovatif agar bisnis atau lembaga yang anda pimpin tetap mampu bertahan.

4. People Management

Kalau boleh memilih apa keahlian pemimpin yang sulit digantikan oleh mesin canggih sekalipun, jawabannya mungkin adalah people management alias manajemen sumber daya manusia.

Pemimpin dengan keterampilan ini akan bisa memberikan motivasi ke orang lain, membantu mengembangkan bakat dan keterampilan karyawan, hingga insting yang tepat saat memilih orang terbaik di sebuah pekerjaan.

Agar mampu memotivasi orang untuk maju ke depan, 4 keahlian di atas perlu Anda miliki, asah, dan latih terus hingga Anda menjadi ahli dan layak untuk menjadi pemimpin masa depan demi kemaslahatan orang - orang yang anda pimpin. (*)

Berita Lainnya

Index