Enam Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Mental

Enam Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi

MENANGIS biasanya akan dilakukan oleh seseorang ketika sedih atau bahagia. Namun ternyata selama kamu menangis, ada manfaat yang bisa kamu dapatkan bagi kesehatan mentalmu.

Manfaat-manfaat yang kamu terima mungkin saja telah disadari dan dirasakan secara tidak langsung. Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini.

Merangkum Northstar, berikut adalah enam manfaat menangis bagi kesehatan mental.

1. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Kalau kamu belum tahu, air mata manusia ternyata bisa membantu untuk melakukan detoksifikasi dan membersihkan tubuhmu. Apalagi kalau kamu tahu, ketika ada debu atau kotoran dari udara yang kotor dan terkena mata, bisa dibersihkan dengan air mata yang mengalir keluar.

Air mata juga bisa melindungi matamu infeksi dengan tetap menjaganya tetap lembap. Air mata emosional juga mengandung hormon stres dan racun lain yang dikeluarkan dari tubuhmu.

2. Meningkatkan Suasana

Beberapa orang beranggapan bahwa menangis akan berdampak buruk setelahnya. Padahal setelah menangis, kebanyakan orang merasa bahwa suasana dirinya menjadi lebih baik. Tingkat tekanan yang kamu rasakan sebelumnya bisa berkurang dengan menangis, dan membuatmu lebih nyenyak saat tidur.

3. Membantu Menenangkan Diri

Ketika kamu menangis, sistem saraf parasimpatis yang kamu miliki akan aktif. Sistem saraf parasimpatis bisa membantumu mencerna makanan dan beristirahat dengan lebih baik.

Gejala-gejala akibat tekanan yang sebelumnya kamu rasakan, seperti gelisah atau sakit perut, bisa reda setelah beberapa menit kamu menangis. Ini juga akan membantumu untuk merasa lebih tenang.

4. Menyembuhkan Kesedihan

Mungkin hampir semua orang yang sedang sedih bisa mengeluarkan air matanya. Tubuhmu sendiri butuh melewati beberapa tahap selama proses berduka.

Dengan menangis bisa membantumu melewati setiap proses dari kesedihan ketika sedang kehilangan orang yang kamu sayangi untuk selama-lamanya.

Namun ada juga orang yang menangis karena ingin menemukan kenyamanan dalam melepaskan emosinya dan membantunya untuk memproses kehilangannya.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Rasa sakit secara fisik atau emosional bisa saja membuat kita menangis dan berdampak pada rasa sakit yang berkurang.

Hormon endorfin yang dilepaskan oleh tubuh saat menangis bisa membantu untuk menghilangkan rasa sakit dan memberikan rasa tenang sepenuhnya. Dalam proses ini juga bisa mengurangi rasa nyeri yang kamu rasakan.

6. Sebagai Pengingat Diri Sendiri

Mungkin kamu pernah menekan emosi yang menyakitkan dan tanpa sadar menangis. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui ada yang salah dengan dirimu ketika sedang menangis, entah secara fisik atau emosional.

Ketika kamu sudah menyadarinya, kamu dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengidentifikasinya. Lalu, kamu bisa untuk mengatasi emosi yang kamu alami dengan sehat agar kamu tidak menekannya kembali.

Itulah manfaat - manfaat menangis untuk kesehatan mental. Semoga informasi di atas bisa membantumu, ya!. (*)

Berita Lainnya

Index