Lapas Teluk Kuantan Terpadat Kedua di Indonesia, Begini Kondisinya

Lapas Teluk Kuantan Terpadat Kedua di Indonesia, Begini Kondisinya
Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu, lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan, Senin (28/11/12)

PEKANBARU - Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu, lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan, Senin (28/11/12). Sidak itu untuk memastikan pengamanan lapas terpadat kedua di Indonesia itu berjalan dengan aman dan kondusif.

"Kapasitas normal Lapas Teluk Kuantan ini hanya 53 Orang. Saat ini dihuni sebanyak 343 Orang. Artinya, terjadi over kapasitas hunian sebanyak 650 persen," kata Jahari.

Dikatakannya lagi, saat sidak jumlah petugas yang menjaga warga binaan hanya sebanyak 5 orang petugas pengamanan. Namun, keterbatasan ini tak lantas menyurutkan semangat petugas dalam melaksanakan fungsi pengamanan.

"Pastikan tidak ada seorang warga binaan pun berada di luar kamarnya saat malam hari. Cek gembok kamar masing-masing, pastikan sudah terkunci dengan baik. Petugas jaga harus rutin kontrol keliling. Siaga dan waspada, jangan lengah sedikitpun," ujar Kakanwil di hadapan Kepala Lapas Teluk Kuantan, Bejo dan jajaran.

Kakanwil pun sempat berbincang dengan para warga binaan. Dia meminta warga binaan ikut serta menjaga dan memelihara kondusifitas lapas.

"Anggap saja ini rumah kita sendiri. Kita rawat, kita jaga, dan kita lindungi bersama. Walau hidup bersempit-sempitan, saya harap semua bersabar. Harus saling hormat-menghormati dan menghargai. Kita semua keluarga," pesan Kakanwil.

Jahari juga berpesan agar para petugas bisa mengayomi para warga binaan.

"Perlakukan saudara-saudara WBP secara humanis. Penuhi seluruh hak-haknya. Jangan sekali-kali kalian pungli, menyelundupkan HP atau narkoba. Ketahuan dengan saya, saya sikat, saya pecat!," jelasnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index