Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI dan HGN 2023

Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI dan HGN 2023

MERANTI - Pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu (25/11/2023) menggelar upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 Tahun 2023.

Upacara dipimpin langsung Plt Bupati Asmar di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selatpanjang.

Plt Bupati Asmar membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dalam upacara tersebut.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan dalam pidato itu. Diantaranya terkait kurikulum merdeka. Lewat kurikulum itu, beban siswa semakin ringan dengan pengurangan jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam.

"Juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dalam berinovasi mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid," katanya.

Kemudian juga disampaikan terobosan pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

"Terakhir, yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik," kata Asmar.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan selamat dan terima kasih kepada para guru yang telah mendedikasikan darma bakti mencerdaskan anak bangsa.  

"Selamat HUT PGRI dan Hari Guru Nasional. Teruslah berjuang dan memberikan bakti mendidik para generasi penerus bangsa ini," ujarnya.

Turut dalam upacara itu, unsur pimpinan Forkopimda, para staf ahli bupati, asisten, kepala OPD, dan pejabat. Ketua dan pengurus PGRI serta para guru di Kepulauan Meranti. (Prokopim)

Berita Lainnya

Index