Bupati Meranti Buka Sosialisasi Penyusunan Monografi Kecamatan

Bupati Meranti Buka Sosialisasi Penyusunan Monografi Kecamatan
Foto bersama

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti. Drs. H. Irwan M.Si, membuka acara Sosialisasi Penyusunan Monografi Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, di Aula Afifa Sport Center, Jalan Banglas, Selatpanjang, Kamis 30 November 2017.

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa, dalam menyusun data yang valid terkait Pemerintahan, Kependudukan serta potensi yang ada.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Biro Tapem dan Otda Setdaprov Riau, Sudarman, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Sekda Yulian Norwis, para Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Diungkapkan Bupati, saat ini data Monografi di tingkat Pemerintah Kecamatan, Lurah dan Desa di Kepulauan Meranti, yang dikeluarkan oleh setiap institusi dan badan, seperti di Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan Kepulauan Meranti tidak ada yang seragam alias berbeda-beda.

Kondisi itu tentunya akan menyulitkan bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah, terutama dalam menyusun program prioritas pembangunan. Karena database kependudukan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam penyusunan program.

"Jika data Monografi salah, maka dapat dipastikan penyusunan strategi pembangunan juga salah yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat," ungkapnya.

Untuk itu melalui kegiatan tersebut, Bupati Irwan meminta kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk bisa menyusun data Monografi yang valid, sehingga Pemerintah Daerah dan pihak-pihak yang membutuhkannya memperoleh data yang benar.

"Saya harap Camat, Lurah dan Kades dapat menyusun data yang valid, yang terintegrasi antara Pemerintah Daerah, Badan Pusat Statistik dan BKKBN, sehingga data yang dikeluarkan seragam dan tidak membingungkan," ujar Bupati. (rls)

Berita Lainnya

Index