Bangunan Puskesmas Megah Sudah Beroperasi di Tanjungsamak

Bangunan Puskesmas Megah Sudah Beroperasi di Tanjungsamak
Foto bersama di depan gedung megah Puskesmas Tanjungsamak

TANJUNGSAMAK - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si melakukan peninjauan Puskesmas Tanjungsamak, Kecamatan Rangsang, untuk melihat kondisi pelayanan Kesehatan di Puskesmas bertaraf Internasional yang baru saja dioperasikan, Rabu 31 Januari 2018.

Turut mendampingi Bupati Kepulauan Meranti, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Camat Rangsang Tunjiarto, Kabag Humas dan Protokol Helfandi, Kepala BPBD Edy Afrizal, Kadis Kesehatan dr. Irwan Suwandi, Kadishub, Kabag Tapem dan pejabat lainnya.

Dalam kunjungannya, Bupati meninjau konstruksi bangunan Puskesmas Kecamatan Rangsang yang cukup megah dan melihat fasilitas kesehatan yang disediakan.

Usai melakukan peninjauan Bupati mengatakan, sudah selayaknya Kecamatan Rangsang memiliki Puskesmas yang megah, karena sebagai daerah perbatasan yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia harus memiliki Puskesmas yang representatif atau bertaraf Internasional.

"Kecamatan Rangsang ini merupakan wilayah pulau terluar Indonesia, yang berhadapan dengan Malaysia, tentu sudah sepantasnya kita membangun fasilitas kesehatan bertaraf internasional ini," jelas Bupati Kepulauan Meranti.

Lebih jauh dikatakannya, pembangunan Puskesmas itu dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat hingga ke pelosok desa khususnya di Desa Tanjungsamak, Kecamatan Rangsang. Apalagi dari laporan yang diterima Bupati, tingkat kunjungan masyarakat untuk berobat di Puskesmas itu cukup tinggi.

"Selama ini kondisi bangunan Puskesmas belum memadai, apalagi jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan pasien yang relatif tinggi. Oleh karena itu untuk menjawab kebutuhan masyarakat kita membangun Puskesmas yang lebih besar dan representatif," ujar Bupati.

Dengan begitu, diharapkan upaya Pemda dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dapat tercapai yang berujung pada peningkatan produkstifitas masyarakat dalam membangun negeri.

Saat ini Tanjungsamak telah memiliki bangunan Puskesmas yang sangat representatif, namun bangunan megah saja belum cukup, harus didukung dengan fasilitas penerangan yang memadai.

"Puskesmas yang begitu megah ini juga harus didukung dengan aliran listrik yang mencukupi," ucap Bupati Irwan.

Seperti diketahui, saat ini masyarakat Tanjungsamak hanya bisa menikmati aliran listrik dari Pukul 17.00 WIB hingga 07.00 WIB pagi. Dari koordinasi Pemkab dengan pimpinan PLN setempat, berharap PLN dapat melayani listrik masyarakat Kecamatan Rangsang selama 24 jam non stop.

"Sehingga masyarakat dapat memperoleh penerangan dan pelayanan kesehatan lebih optimal," papar Bupati.

Bupati juga berharap kedepan Puskesmas tersebut bisa menjadi Puskesmas Paripurna yang dilengkapi alat-alat kesehatan semakin baik, selain itu memiliki tenaga kesehatan seperti dokter spesialis.

"Kita dari pihak pemerintah berusaha untuk menempatkan Dokter Spesialis agar masyarakat Meranti khususnya di Kecamatan Rangsang bisa merasakan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi," pungkas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyempatkan diri mengunjungi ruang perawatan dan berdialog dengan warga yang sedang sakit untuk mendengarkan langsung masukan dan keluhan, guna perbaikan layanan kesehatan. (rls/san)

Berita Lainnya

Index