Data Lengkap Kunci Sukses Usulan Pembangunan

Data Lengkap Kunci Sukses Usulan Pembangunan
Wabup Said Hasyim meresmikan penggunaan Gedung LPTQ Kecamatan Rangsang Barat

RANGSANG BARAT - Wabup Kepulauan Meranti, Said Hasyim meminta semua Kepala OPD meningkatkan nilai juang dalam merebut anggaran Provinsi dan Pusat. Caranya, dengan membawa tim yang dilengkapi data-data usulan yang lengkap.

Dikatakannya saat memimpin Musrenbang tingkat Kecamatan Rangsang Barat, kemarin, salah satu hal yang menyulitkan Pemkab Kepulauan Meranti meraih dukungan dana Provinsi dan APBN, karena minimnya data yang diajukan.

"Kunci yang utama adalah data monografi yang lengkap, mulai dari Desa hingga Kabupaten dan sedikit ngotot meminta, sebab seberapa hebatpun kita berjuang mengejar anggaran Provinsi dan Pusat, tanpa di dukung data hasilnya percuma," ingatnya.

Menurut Wabup, anggaran yang mengendap di Provinsi dan APBN harus direbut dan dikejar, ditambah dengan APBD Kabupaten Kepulauan Meranti yang di susun dalam perencanaan pembangunan yang baik.

"Sehingga anggaran yang ada memiliki nilai guna besar untuk mensejahterakan masyarakat dan sekecil mungkin untuk kegiatan yang tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat," jelas Wakil Bupati.

Wabup Said Hasyim berharap, Musrenbang Kecamatan Rangsang Barat mampu menelurkan pemikiran rencana pembangunan strategis, yang sama-sama diperjuangkan dan direalisasikan, baik melalui dana APBD Kabupaten, Provinsi hingga APBN.

Guna suksesnya pembangunan di Kepulauan Meranti, jelasnya lagi, diperlukan koordinasi dan sinkronisasi yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

"Jadi sinronisasi program antar OPD dalam pembangunan ini sangat penting," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Wabup bersama Ketua DPRD Fauzi Hasan, berkesempatan meresmikan Gedung LPTQ Kecamatan Rangsang Barat, serta berkunjung ke Pondok Pesantren Nahdatul Qur'an di Dusun Pelayar, Desa Permai yang sudah berdiri sejak 3 tahun lalu.

Adapun sejumlah usulan prioritas pembangunan Kecamatan Rangsang Barat yang tersebar di 12 Desa, yakni hotmix jalan poros luar dari Desa Bantar ke Melai, Pengadaan Excavator, Rehap Berat Laboratorium SMPN 1, Pengaman Abrasi Pantai Dusun Tanjung Motong dan Dusun Ayun.

Kemudian Rumah Layak Huni Desa Permai, Semenisasi Jalan Nelayan, Pengadaan Ambulan Desa Melai, Pembangunan Polindes Desa Mekar Baru, Rehap Tanggul Dusun Jermu, Hotmix Jalan Poros Segomeng, Pembangunan Gedung SDN 03, Pembangunan Turap Beton Jalan Penghulu Mamat dan Turap Pemecah Ombak Dusun Demba.

Selanjutnya, semenisasi Jalan Pertanian Desa Sungai Cina, Pembangunan Turap Beton Pelabuhan Desa Telaga Baru, Tanggul Pertanian dan Semenisasi Desa Bina Maju, Pembangunan Polindes dan Drainase serta Normalisasi Sungai di Desa Bantar dan lainnya. (rls/san)

Berita Lainnya

Index