Baksos Kwarda Gerakan Pramuka Riau Targetkan 1.000 Kantong Darah

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:50:57 WIB
Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau, Masrul Kasmy

PEKANBARU - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melaksanakan bakti sosial (Baksos) donor darah. Targetnya sebanyak 1.000 kantong darah terkumpul dari seluruh gerakan pramuka Kabupaten/Kota dan masyarakat yang ingin berpartisipasi.

Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau yang juga Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau, Masrul Kasmy mengatakan, kegiatan Baksos digelar Kwarda Gerakan Pramuka Riau dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-61.

"Karena kita tahu satu tetes darah yang kita donorkan ini sangat bermakna bagi orang yang membutuhkannya," kata Masrul ketika hadir di acara baksos donor darah yang digelar di Gedung Dharma Wanita Provinsi Riau, Senin (15/08/2022).

Diungkapkan dia, Gerakan Pramuka ini memiliki semangat sosial, kerja sama, dan kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Untuk itu, Masrul juga mengajak masyarakat untuk bisa mendonorkan darah.

"Mari kita berikan darah kita untuk membantu mereka yang sangat membutuhkan. Semoga ini menjadi satu nilai kebersamaan bagi masyarakat untuk menuju Indonesia yang jaya," ujarnya.

Dijelaskan dia, kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan PMI Kota Pekanbaru. Untuk di Kwarcab lainnya dilaksanakan di PMI Kabupaten/Kota masing-masing. Hal ini untuk memenuhi ketersediaan darah yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Hal ini kita lakukan agar kita semua bisa menjadi Bank Darah di masing-masing daerah di Riau ini," jelas Masrul Kasmy.

Masrul berharap, kegiatan donor darah ini ke depannya bisa dilaksanakan kembali. Sehingga bisa lebih banyak lagi orang yang mendonorkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan, terutama di rumah sakit dan masyarakat yang melakukan operasi.

"Apa yang kita lakukan hari ini semoga dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan," harapnya.

Kegiatan donor darah ini juga bekerja sama dengan PMI Kota Pekanbaru dan PMI Riau, Kwarcab Pekanbaru, Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Riau, dan sejumlah relawan.

"Semua yang terlibat ini merupakan sinergi dari semua komponen yang memberikan partisipasinya," ujar Masrul.

Kegiatan donor darah ini, kata Masrul, diharapkan bisa menjadi wadah masyarakat dalam membantu sesama untuk berbagi darah. Selain itu, kegiatan ini diupayakan mampu memberikan motivasi bahwa pramuka itu hadir ditengah masyarakat.

"Karena nilai-nilai kegotongroyongan dan semangat kebersamaan ini perlu ditanam juga dipupuk sehingga mereka sadar bahwa hidup kita ini perlu tolong - menolong," tutup Masrul. (mcr)

Terkini