Pokjanal Posyandu Optimalkan Pelayanan Kesehatan

Pokjanal Posyandu Optimalkan Pelayanan Kesehatan
Foto bersama peserta Rakor Pokjanal Posyandu
MERANTI – Keberadaan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Kepulauan Meranti, diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan kesehatan di tengah masyarakat, khususnya terhadap kesehatan Ibu dan Bayi.
 
“Dengan adanya Pokjanal Posyandu yang melibatkan Dinas Kesehatan dan OPD terkait, diharapkan masalah yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan di Posyandu dapat ditangani dengan maksimal," kata Sekda Yulian Norwis, saat membuka Rakor Pokjanal Posyandu, kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Kepulauan Meranti, Selasa 2 Oktober 2018.
 
Sama halnya dengan Pemerintah Provinsi, kata Yulian Norwis, Pemkab Kepulauan Meranti juga berkomitmen membangun pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat, khususnya bagi ibu dan bayi. Untuk itu ia mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya Rakor tersebut.
 
"Tentunya dengan penanganan lintas sektor secara keroyokan ini, dapat lebih mengoptimalkan penyelesaian berbagai masalah pelayanan kesehatan, dan ini salah satu upaya jitu kita dalam membangun pelayanan posyandu prima melalui Pokjanal Posyandu," ujarnya.
 
Selain itu Sekda berharap, kelompok kerja yang dibangun dapat menggerakkan pembangunan kesehatan yang terus menerus diupayakan Pemda dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera seperti yang diharapkan bersama.
 
Sebelumnya, Kasi Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dr. Rosita selaku panitia mengatakan, kegiatan Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu itu adalah upaya untuk membangun kesehatan masyarakat, terutama kesehatan dasar untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.
 
Kelompok Kerja Operasional Posyandu ini merupakan turunan dari Pokja Nasional yang dibentuk di daerah tingkat Kabupaten, yang bertujuan untuk menginventarisasi Posyandu dan mengembangkan kegiatan Posyandu yang terintegrasi dengan layanan sosial lainnya.
 
"Agar tercipta koordinasi fungsi Posyandu oleh Kelompok Posyandu di Desa melalui pembinaan berjenjang, sekaligus menyamakan persepsi antar OPD terkait dengan Pokja Posyandu dalam menyusun rencana kegiatan tahunan serta mencari sumber-sumber dana mendukung Pokja Posyandu," jelas Rosita. (rls/red)

Berita Lainnya

Index