APBD Meranti Tahun 2019 Hanya Untuk Program Skala Prioritas

APBD Meranti Tahun 2019 Hanya Untuk Program Skala Prioritas
Bupati Irwan saat mengumpulkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)
MERANTI – Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, menyampaikan instruksi kepada seluruh Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti, agar pemanfaatan APBD Tahun 2019 mendatang hanya untuk kegiatan skala prioritas, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.
 
Hal itu disampaikan Bupati Irwan saat mengumpulkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian dan Camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti, di ruang Rapat Melati Kantor Bupati, belum lama ini.
 
Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan prediksi APBD Tahun 2019 mendatang tidak lebih baik dari Tahun 2018 ini. Untuk itu ia menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD agar mengoptimalkan penggunaan anggaran pada program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.
 
Menurutnya, program itu seperti pembangunan infrastruktur yang di tahun 2018 ini masih dalam tahap pengerjaan, sebut saja pelabuhan Semukut, Jembatan Sungai Tohor, Pembangunan Puskesmas, beberapa ruas jalan seperti Jalan Pramuka, perbaikan gedung-gedung sekolah dan mobiler, lampu jalan, serta renovasi stadion yang akan digunakan untuk penyelenggaran MTQ tingkat Provinsi Riau Tahun 2019 mendatang.
 
Setelah usulan skala prioritas infrastruktur yang berkaitan dengan pelayanan publik, Bupati juga meminta penggunaan anggaran APBD lebih dulu digunakan untuk membayar hutang yang sempat tertunda, menggunakan anggaran untuk menuntaskan pekerjaan infrastruktur yang tertunda, baru dilanjutkan dengan penggunaan biaya rutin, dan pelaksanaan program lainnya tahun 2019.
 
Dihadapan seluruh Kepala OPD yang hadir, Bupati Kepulauan Meranti kembali meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat lebih meningkatkan lagi kinerja, sehingga target-target yang ingin dicapai dapat dituntaskan sebagaimana mestinya.
 
Terakhir Bupati Irwan menginstruksikan agar seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan lainnya segera menyampaikan program skala prioritasnya seperti halnya Pelayanan Publik serta pemenuhan kebutuhan rutin setiap OPD. Dengan syarat tidak melebihi jumlah anggaran tahun 2018.
 
"Saya minta pengusulan anggaran program tahun 2019 ini tidak lebih dari anggaran murni tahun 2018, karena besaran APBD Tahun 2019 diprediksi tidak lebih baik dari tahun ini," ujar Bupati Irwan.
 
Bupati berharap kerjasama dari seluruh OPD, agar usulan RAPBD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019 dapat diajukan akhir November 2018 ini atau awal Desember 2018 mendatang.
 
"Dengan pengesahan APBD Meranti lebih awal, tentu akan dapat memperlancar proses penganggaran dan pelaksanaan program pembangunan, dan akan memberikan dampak positif bagi pergerakan ekonomi daerah," pungkas Bupati Irwan. (rls/red)

Berita Lainnya

Index