Masyarakat Diajak Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Masyarakat Diajak Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat
Ketua TP-PKK Kepulauan Meranti, Nirwana Sari, menikmati buah buahan yang dipamerkan peserta
MERANTI - Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, membuka kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang ditaja oleh UPT Puskesmas Alahair bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Kepulauan Meranti, di Lapangan Luis Futsal Jalan Pelajar, Desa Alahair.
 
Turut hadir pada giat itu Camat Tebing Tinggi Helfandi, Danramil 02 Tebing Tinggi, Kapolsek Tebing Tinggi, Ketua TP-PKK Meranti, Nirwana Sari, Kepala UPT Puskesmas Alahair dr. Sista Nurmala, para Lurah, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan unsur lainnya.
 
Dalam sambutannya, Sekda menyambut baik kegiatan itu demi meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Untuk itu ia menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).
 
"Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang menderita sejumlah penyakit, terutama penyakit tidak menular. faktor makanan serta pola hidup tidak sehat menjadi penyebabnya, sehingga masyarakat harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat melalui Gerakan Masyarakat Sehat," ucap Sekda.
 
Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, namun tanpa adanya kesadaran dari masyarakat semua itu tidak akan tercapai.
 
Dikatakan Sekda, menjaga kesehatan masyarakat harus dimulai dari diri sendiri, dengan tidak mengkonsumsi narkoba, minum minuman beralkohol, selalu makan makanan yang sehat, dengan penerapan pola hidup sehat masyarakat semakin sehat dan daerah semakin maju.
 
Tak lupa dalam rangka meningkatkan kesehatan, Sekda Yulian Norwis meminta kepada seluruh jajaran UPT Puskesmas Alah Air untuk berpartisipasi aktif membudayakan hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.
 
"Saya minta kepada pihak Puskesmas untuk berpartisipasi aktif mensosialisasikan prilaku hidup sehat secara masif hingga ke pelosok Desa, sehingga kualitas kesehatan masyarakat Meranti dapat meningkat," ucap Sekda.
 
Kepada Kades, Lurah dan Camat juga diminta mensosialisasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan kali ini, sehingga kualitas kesehatan masyarakat dapat terwujud sesuai yang diharapkan.
 
Dalam kegiatan itu juga digelar Senam Massal bersama masyarakat dan Pemeran Buah oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kepulauan Meranti, sebagai untuk sosialisasi prilaku dan budaya hidup sehat kepada masyarakat. (rls/red)

Berita Lainnya

Index