Desa Kundur Raih Juara 1 Desa Terbaik oleh Kementerian Desa

Dibaca: 1017 kali  Kamis,29 November 2018 | 06:52:00 WIB

Desa Kundur Raih Juara 1 Desa Terbaik oleh Kementerian Desa
Ket Foto : Foto bersama usai menerima penghargaan

JAKARTA - Desa Kundur, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti berhasil meraih Juara 1 Desa terbaik Nasional kategori Prakarsa dan Inovasi Desa Tahun 2018. Penghargaan itu diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sanjoyo  di Hotel Sultan Residence, Jakarta, Kamis 29 November 2018.
 
Penghargaan yang diterima Pj Kepala Desa Kundur, Miswanto didampingi Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim itu berkat Inovasi yang luar biasa dalam mengolah air gambut menjadi air layak minum yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih.
 
Kegiatan juga dihadiri oleh Sekjen Kemendes RI Anwar Sanusi, para Deputi Kemendes RI, Direktur Kemendes RI, para Bupati, Kepala BPMPD serta Kepala Desa peraih penghargaan.
 
Khusus Pemda Kepulauan Meranti diikuti oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ikhwani, Kabid Pemerintahan Desa Darwis, Pj Kades Kundur, Miswanto dan mantan Kades Kundur Sutrisno.
 
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Desa Kundur yang terletak di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti, berkat inovasinya berhasil mengolah air gambut menjadi air layak minum, kebehasilan itu, mendapat apresiasi dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk menjadi nominasi Desa Terbaik Kategori Prakarsa dan Inovatif Se-Indonesia dan setelah dilakukan penilaian oleh Tim dari Kementerian Desa akhirnya memutuskan Desa Kundur, Kecamatan Tebing Tinggi Barat keluar sebagai Juara 1 Desa Terbaik Kategori Prakarsa dan Inovatif Se-Indonesia.
 
Desa Kundur keluar sebagai pemenang bersama dengan 3 desa lainnya. Dengan rincian Kategori Penguatan dan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kumadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul Provinsi DI Yogyakarta, Desa Terbaik Pelaksanaan Prioritas Dana Desa dan Padat Karya Tunai Desa Bantala Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur, Desa Terbaik Pelayanan Informasi Publik Desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojo Negoro.
 
Menyikapi penerimaan penghargaan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengucapkan apresiasi kepada semua pihak khususnya Kepala Desa Kundur dan jajaran yang telah berhasil memanfaatkan dana desa untuk menjalankan program prioritas guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih layak minum. Karena untuk wilayah Meranti yang notabene kawasan gambut amat sulit mendapatkan air berkualitas.
 
"Ini merupakan inovasi yang kreatif yang sangat berguna bagi masyarakat Kepulauan Meranti khususnya warga Desa Kundur," ucap Wakil Bupati.
 
Lebih jauh dikatakan Wakil Bupati, apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Kundur itu, telah sejalan dengan komitmen Pemerintan Daerah yang terus mendorong pemanfaatan dana desa agar lebih bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat.
 
Seperti yang selalu digaungkan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Irwan M.Si dan Wakil Bupati H. Said Hasyim, pembangunan infrastruktur jalan Desa, jembatan, air bersih merupakan program prioritas Desa yang harus menjadi perhatian dalam pemanfaatan dana Desa yang semakin besar saat ini.
 
Wakil Bupati juga berharap, prestasi yang diraih oleh Desa Kundur dikancah Nasional itu juga diikuti oleh Desa Desa lainnnya.
 
"Semoga prestasi yang diraih Desa Kundur mampu memotivasi Desa lainnya untuk bisa mengikuti dan mengambangkannya lagi menjadi lebih baik," harap H. Said Hasyim.
 
Apa yang diharapkan oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim itu sesuai dengan arahan dari Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal RI, Eko Putro Sanjoyo yang mengatakan bahwa Program bursa inovasi desa ini bertujuan untuk mendorong Kades lebih berinovasi untuk pemberdayaan ekonomi dan masyarakat desa, ia berharap inovasi yang telah dibuat bisa di share agar Desa Desa lainnya bisa mengikuti yang jumlahnya mencapai 174.957 ribu.
 
Adapun inovasi yang terus didorong oleh Kemendes meliputi inovasi yang mampu menunjang mobilitas aktivitas ekonomi seperti pembangunan jalan dan jembatan, Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat dengan membangun Air Bersih, Posyandu, MCK dan lainnya.
 
"Sejak program ini dijalankan oleh Kementerian Desa telah berhasil mengurangi 1,82 Juta penduduk miskin di Indonesia, dan penurunan terbesar berada di Desa," ucap Menyeri Eko Putro Sanjoyo.
 
Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga diserahkan penghargaan kepada pemenang Indeks Desa Membangun, Desa Inspiratif, dan Penghargaan Pendamping Teladan Se-Indonesia.
 
Selain itu juga digelar acara Simposium Desa Menjemput Asa dan Deklarasi Konvegensi Literasi. Serta peluncuran program Kemendes RI yakni Program Desa Narkoba, Program Radio Swara Desa, dan Majalah Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com