Tiga OPD Riau Lakukan Monev Terpadu 6 Desa di Kepulauan Meranti

Tiga OPD Riau Lakukan Monev Terpadu 6 Desa di Kepulauan Meranti
Foto bersama saat peninjauan di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebing Tinggi Barat
MERANTI - 6 Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi sampel kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) terpadu tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau bersama pihak Universitas Riau (UNRI), Senin 3 Desember sampai Kamis 6 Desember 2018.
 
Kegiatan Tim Monev itu dipimpin Kepala Bidang Fasilitasi Pengelolaan Keuangan, Aset dan Pendamping Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau, M. Sartibi, SH, MH, bersama unsur Tim dari Inspektorat dan Bappeda Provinsi Riau.
 
Fungsional Perencana Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau, Darussalam, SE, mengatakan, kegiatan Monev ini fokus pada pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2017 dan 2018.
 
"Tim Monev terpadu OPD Pemprov Riau ini terdiri dari unsur Dinas PMD, Inspektorat, Bappeda dan pihak Universitas Riau, dalam rangka Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa, yang fokus pada DD dan ADD Tahun 2017 dan 2018," ungkap Darussalam.
 
6 Desa yang menjadi lokasi sampel Monitoring dan Evaluasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, yakni Desa Mantiasa, Gogok Darussalam dan Alai Selatan di Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Kemudian Desa Kuala Merbau, Centai dan Semukut di Kecamatan Pulau Merbau.
 
Peninjauan sarana air bersih bersumber dari Dana Desa Tahun 2017
 
Kasi Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa, Riyad Meka Permana, MM, menjelaskan, kegiatan monitoring dan evaluasi itu masih bersifat pembinaan. Dari 1591 Desa yang teregister di Riau, diambil sampel sebanyak 60 Desa, dimana masing masing Kabupaten berjumlah 6 Desa.
 
"Sifatnya pembinaan, masih diarahkan. Tapi kalau ada laporan masyarakat bisa dilakukan pemeriksaan khusus. Pada monev ini memakai pola wawancara, survei lapangan atau uji petik juga quisioner," jelas Riyad Meka Permana.
 
Monev di Kepulauan Meranti ini adalah yang terakhir dari 10 Kabupaten yang ada di Riau. Pada tanggal yang sama 3 sampai 6 Desember 2018 juga dilaksanakan Monev di Kabupaten Rokan Hilir yang dipimpin Sekretaris Dinas PMD Riau, Hj. Raja Siti Nuraisyah, S.Sos, M.Si.
 
"Nanti dari hasil monev ini akan dikaji bersama oleh tim terpadu dan dibuatkan rekomendasi akhir yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan DD di masa akan datang," tambahnya. (red)

Berita Lainnya

Index