Sekda Meranti Kenduri Sekampung Bersama Warga Tanjung Kulim

Sekda Meranti Kenduri Sekampung Bersama Warga Tanjung Kulim
Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis dan anggota DPRD disambut kalungan bungan di Desa Tanjung Kulim
MERANTI - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, mengikuti kegiatan Kenduri Sekampung bersama Warga Desa Tanjung Kulim Kecamatan Merbau. Kegiatan itu dipusatkan di halaman MDA Jamiatul Iman, Rabu 26 Desember 2018 kemarin.
 
Dalam sambutannya, Sekda memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan itu, menurutnya kegiatan itu merupakan momentum yang sangat tepat dalam meningkatkan sinergitas antara masyarakat dan aparatur pemerintahan sekaligus wujud syukur atas nikmat Allah.
 
"Ini adalah salah satu bukti sinergitas yang kuat antara aparatur pemerintah setempat dan masyarakat," ujar Sekda.
 
Untuk itu agar sinergitas itu terus terjaga Sekda meminta masyarakat dan aparatur pemerintahan setempat dapat terus menjaga kekompakan dan kerja keras dalam mewujudkan visi dan misi Desa Tanjung kulim seperti yang dicita-citakan.
 
Ditegaskan Sekda, Pemda terus berkomitmen mendukung pembangunan dari kota hingga ke pelosok desa, tak terkecuali di Desa Tanjung Kulim. Salah satu yang terus digesa oleh Kabupaten adalah kelanjutan pembangunan RoRo Desa Tanjung Kulim dan jalan akses pendukung menuju Merbau. Untuk hal itu pada kesempatan itu Sekda langsung memerintahkan Kadis PU dan Bagian Program Bappeda Meranti untuk membuat perencanaan yang baik.
 
"Saya minta Bappeda dan PU bersama-sama membuat perencanaan yang baik agar RoRo bisa dituntaskan plus jalan akses penghubung antar Desa," ucap Sekda.
 
Tak selesai disitu, Sekda juga meminta untuk melengkapi infrastruktur dasar Desa Tanjung Kulim, seperti jaringan PLN, dan air bersih. Hal itu dinilai penting karena tanpa infrastruktur dasar perkembangan desa dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sulit diwujudkan.
 
"Buat juga perencanaan jaringan listrik PLN dan air bersih agar dapat diusulkan ke Pemerintan Provinsi," ujarnya lagi.
 
Sekda juga mengaku akan mendorong program perkembunan tumpang sari Kelapa dan Nenas yang saat ini tengah dijalankan oleh para ibu-ibu Desa Tanjung Kulim. Sekda berharap apa yang telah diupayakan oleh para ibu ibu itu dapat menjadi model percontohan untuk dikembangkan di desa lainnya, sehingga para ibu ibu dapat lebih mandiri dan tidak tergantung lagi dengan suami.
 
"Semoga kedepan ibu ibu dapat semakin mandiri dan tidak tergantung lagi dengan para suami," ungkapnya.
 
Apa yang disampaikan Sekda itu sesuai dengan harapan masyarakat Desa Tanjung Kulim, yang disampaikan Kades setempat Azma Isham, dikatakannya Kenduri Sekampung Desa Tanjung Kulim yang dilaksanakan kali ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan kerukunan masyarakat demi suksesnya program pembangunan Desa Tanjung Kulim yang lebih baik.
 
"Ini juga sebagai refleksi rasa syukur kami kepada Allah atas segala nikmat, dan memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim agar tidak masuk golongan orang yang kufur nikmat," ucap Kades.
 
Diakui Kades, berkat sinergitas yang baik antara masyarakat dan aparatur pemerintahan kondisi wilayahnya sangat kondusif, belum ada terjadi konflik apapun antara masyarakat dan aparatur desa maupun Kecamatan.
 
Tak lupa Kades juga berharap Pemda Meranti terus mendukung pembangunan Desa Tanjung Kulim. Sesuai usulan masyarakat yakni pembukaan jalan baru sepanjang 2 kilometer untuk membuka isolasi desa dalam rangka menggesa peningkatan ekonomi masyarakat setempat agar mampu keluar dari tekanan ekonomi.
 
Terakhir acara Kenduri Sekampung diakhir dengan mendengarkan Tausyiah Agama dari Ustadz H. Khozim yang memaparkan pentingnya kebersamaan karena dengan kebersamaan semua masalah dapat terselesaikan.
 
"Kunci dari segala masalah dan dipanjangkan umurnya adalah silaturrahim, jadi mari kita pertahankan kekompakan dan kebersamaan ini," ucapnya.
 
Usai mendengarkan Tausyiah dilanjutkan dengan makan bersama dan salam salaman atar aparatur pemerintah dan masyarakat. (rls/red)

Berita Lainnya

Index