Perusahaan di Rohil Diminta Lebih Peduli Masyarakat Daerah

Perusahaan di Rohil Diminta Lebih Peduli Masyarakat Daerah
Kegiatan Rakor Bupati Rohil bersama perwakilan perusahaan
ROHIL - Pemkab Rohil, Selasa, 15 Januari 2019, mengundang seluruh perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Rohil menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemkab Rohil dengan Perusahaan di Wilayah Kabupaten Rohil, di Gedung Nasional H Misran Rais, Kota Bagansiapiapi.
 
Bupati Rohil H Suyatno, yang membuka secara resmi rakor mengatakan, latar belakang Pemkab Rohil mengajak seluruh perusahaan ikut rakor karena beberapa tahun belakangan ini Rohil mengalami krisis keuangan yang memprihatinkan sekali. Bupati berharap perusahaan dapat lebih peduli sehingga dapat meningkatkan dan menambah ekonomi masyarakat.
 
Bupati mengkritisi CSR perusahaan di Rohil yang cenderung untuk lingkungan perusahaan, dan meminta kepada perusahaan agar lebih memperhatikan kepentingan dan keperluan daerah secara luas. Dari puluhan perusahaan yang ada di Rohil, sebut Bupati H Suyatno, hanya Bank Riau Kepri yang tiap tahun menyerahkan CSR kepada Pemkab Rohil.
 
"CSR Bank Riau Kepri itu Rp800 juta tiap tahun. Satu perusahaan itu saja. Uangnya kita pergunakan, seperti untuk bangun sumur bor di masjid-masjid, dan membangun ruang kelas untuk MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah). Semua itu untuk kepentingan masyarakat dan dapat dilihat hasil dan dampaknya pada masyarakat. Sekarang apa yang dapat diberikan pengusaha lainnya kepada daerah," kata Bupati H Suyatno, kepada berbagai perwakilan perusahaan.
 
Bupati H Suyatno mengajak perusahaan agar mau kerjasama yang baik dengan Pemkab Rohil. Dicontohkannya, Pemda Kabupaten Siak sudah menjalin dan menjalankan kerjasama dengan perusahaan yang ada sejak 2012. Sejak tahun itu, ujar Bupati Rohil, Pemkab Siak mengikat seluruh perusahaan di sana.
 
"Perusahaan bukan tidak ada dana CSR. Ada. Tapi itu untuk lingkungan. Jadi ini perlu kita kaji ulang lah. Kemarin mahasiswa kata banyak perusahaan di daerah kita tapi apa ada kontribusi buat Pemda. Saya kata ya harus ada," jelas Bupati H Suyatno.
 
Dari penjelasan Bupati, perusahaan-perusahaan, terutama pabrik kelapa sawit, yang kendaraan pengangkut sawitnya wara-wiri melintas jalanan, perlu lebih luas memperhatikan kepentingan masyarakat. Sedangkan kepada perusahaan yang sudah menunjukan kepedulian dan perhatian kepada masyarakat dan daerah, Bupati H Suyatno, menyampaikan ribuan terimakasih, dan memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan tersebut.
 
"Kami sangat berharap kerjasama dan terjalin betul-betul, bagai mana dapat meningkatkan kesejahteraan dan demi kepentingan masyarakat," jelas Bupati Rohil H Suyatno.
 
Rakor selain dihadiri 52 perusahaan dari 82 perusahaan yang ada di Rohil, juga dihadiri Sekda Rohil H Surya Arfan, Kata BPN Rohil H Rocky Soenoko, Sekretaris Bappeda, Ka Bapenda Cicik Mawardi, Kadis Lingkungan Hidup H Suwandi S Sos , Plt Kadis Naker H Muzakkar, Kadis KPP drh Isa Ahmadi, Camat Bagansinembah Hj Sakinah, para camat, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rohil lainnya. (amran)

Berita Lainnya

Index