Bupati Rohil Minta Pemilih Pemula Jangan Golput

Bupati Rohil Minta Pemilih Pemula Jangan Golput
Pelayanan KTP-EL untuk pemilih pemula di Kantor Pelelangan Elektronik Pemkab Rohil. F amran
ROHIL - Ada ribuan pelajar, pemuda dan mahasiswa Rohil, dan yang berada di luar Kabupaten Rohil, pada Pemilu 2019 ini memiliki hak pilih. Mereka adalah para pemilih pemula, yang telah  berusia 17 tahun keatas. 
 
Pemkab Rohil, Sabtu, 30 Maret 2019, memberikan masukan kepada para pemilih pemula, yakni kalangan pelajar yang sudah berusia 17 tahun keatas, agar dapat menyalurkan hak pilihnya dengan tepat dan benar. Para pelajar tersebut dari SMA, MAN dan SMK yang ada di Kecamatan Bangko. Para pelajar ini dikumpulkan di halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil.  
 
"Sebagai pemilih pemula, kita berikan masukan kepada mereka (para pelajar) bahwa mereka sudah punya hak politik, sudah punya hak mencoblos, dan harus punya kesadaran arti pentingnya pemilu. Sebagai pemilih pemula, mereka kita minta gunakan hak pilihnya, dan tidak golput," kata Bupati Rohil H Suyatno. 
 
Kegiatan mengumpulkan para pelajar  pemilih pemula di Pemilu 2019, terang Bupati H Suyatno, merupakan pertama kali dilakukan Pemkab Rohil. Pemkab Rohil, jelas Bupati, ingin partisipasi memilih pemilih pemula, serta masyarakat umum semakin meningkat pada Pemilu 2019. 
 
"Kita menginginkan partisipasi memilih di kalangan pemilih pemula, juga masyarakat umum meningkat pada Pemilu 2019. Jangan seperti Pilgubri kemarin hanya 51 persen. Partisipasi pemilih itu yang perlu kita dongkrak," jelas Bupati H Suyatno, seraya menambahkan media massa juga perlu mengajak agar masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya. 
 
Dari penjelasan Bupati H Suyatno,  kalangan pemilih pemula ini tentunya masih ada yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL). Agar punya KTP-EL, sebut Bupati, mulai Minggu, 30 Maret 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Rohil akan menyiagakan pelayanan KTP-EL untuk melayani pelajar pemilih pemula. Pelayanan KTP-EL tersebut berada di Kantor Pelelangan Sistim Elektronik Pemkab Rohil. 
 
"Ada instruksi dari pusat supaya pelayanan KTP elektronik ditindak lanjuti. Disdukcapil diminta siapkan mobil pelayanan pembuatan KTP elektronik, dengan sarat membawa kartu keluarga. Yang penting bagai mana partisipasi memilih masyarakat meningkat," jelas Bupati. 
 
Sedangkan pelajar dan mahasiswa Rohil yang berada di luar daerah, menurut Bupati, kemungkinan kecil mereka untuk pulang dalam rangka mencoblos pada Pemilu 2019. 
 
"Kemungkinan mereka pulang kecil, sebab ongkos pulang juga jadi pertimbangan mereka untuk pulang dalam rangka mencoblos" pungkas Bupati. (Amran)

Berita Lainnya

Index