KPU Rohil Sukses Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara

Dibaca: 802 kali  Senin,08 April 2019 | 04:26:00 WIB

KPU Rohil Sukses Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara
Ket Foto : Bupati H Suyatno mendengar penjelasan KPPS mengenai surat suara. F amran

ROHIL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Sabtu, 6 April 2019, sukses melaksanakan simulasi pemungutan dan tata cara  pencoblosan Pemilu 2019, yang dilangsungkan di halaman Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil.
 
Simulasi tata cara pencoblosan dan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebut langsung dilaukan Bupati Rohil H Suyatno, Sekda Rohil H Surya Arfan, dan Kepala Kajari Rohil Gaos Wicaksono  turut hadir Ketua KPU Rohil Supriyanto, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, Kabag Ops Polres Rohil A Lumban Gaol, dan lain-lain. 
 
Di simulasi ini, Bupati Rohil H Suyatno mendatangi TPS, dan mencocokan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, serta surat undangan pencoblosan. Setelah tercatat, Bupati duduk di kursi pemilih, menunggu namanya dipanggil periksa KPPS. Setelah namanya dipanggil, Bupati mendapat penjelasan mengenai surat suara, dan memperoleh lima lembar surat suara masing-masing surat suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. 
 
Selesai simulasi, Bupati H Suyatno, menyaksikan pemaparan Tactical Floor Game (TFG) oleh Kabag Ops Polres Rohil Kompol A Lumban Gaol. 
 
Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan apresiasi atas dilaksanakan simulasi pencoblosan dan pemungutan suara tersebut. Menurut Bupati, simulasi ini sangat penting dilaksanakan.  "Simulasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, dan mempersiapkan petugas di hari pencoblosan pada 17 April ini," kata Bupati Rohil H Suyatno. 
 
Apa lagi, kata Bupati Suyatno, berdasarkan informasi masih banyak  masyarakat yang belum mengerti tata cara pencoblosan di TPS. "Pemilu kali ini berbarengan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan legislatif,  sehingga masih banyak membingungkan masyarakat," jelas Bupati. 
 
Surat suara yang lebar, dikuatirkan akan membingungkan masyarakat, yang mungkin tidak tahu apa lagi yang buta huruf. "Itu yang menjadi kekwatiran kita. Tapi intinya kita harus tetap berusaha," ujar Bupati.
 
Selain itu, Bupati H Suyatno, juga berharap para ketua partai politik, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dalam lainya, agar senantiasa mengajak masyarakat menyalurkan hak pilihnya di TPS masing-masing. Bupati juga berharap pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman. "Aman dan lancar tanpa ada kendala," tutur Bupati. (Amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com