Pelabuhan Pos TNI-AL Bagansiapiapi Rusak Parah

Dibaca: 1147 kali  Kamis,11 April 2019 | 10:42:00 WIB

Pelabuhan Pos TNI-AL Bagansiapiapi Rusak Parah
Ket Foto : Komandan Pos AL Bagansiapiapi Kapten (P) Hari Fitrianto

ROHIL - Pelabuhan dan Jalan Pelantar Pos TNI Angkatan Laut (Pos TNI-AL) Lanal Dumai di Bagansiapiapi, yang berada di Pelabuhan Pelindo, Jalan Nelayan, kondisinya dalam keadaan rusak parah.  Jalan pelantar dan pelabuhan yang terbuat dari papan kini lapuk dan bertanggalan. 
 
Pelabuhan dan jalan pelantar papan mulai rusak sejak pelabuhan milik PT Pelindo tersebut tidak difungsikan. Tidak saja pelantar dan pelabuhan rusak, bangunan eks kantor pelabuhan, kini juga nyaris tinggal puing, disebabkan material bangunan banyak dijarah. Sejak pelabuhan tidak difungsikan, tidak ada lagi kapal penumpang, mau pun kapal TNI-AL singgah berlabuh di Kota Bagansiapiapi. 
 
Komandan Pos AL Bagansiapiapi Kapten (P)  Hari Fitrianto, mengatakan usulan pembangunan pelantar dan pelabuhan Pos TNI-AL Lanal Dumai di Bagansiapiapi, sudah diusulkan untuk dibangun.
 
"Usulannya sudah kita ajukan. Tinggal menunggu pembangunannya saja," kata Dan Pos TNI-AL Bagansiapiapi Kapten Hari Fitrianto, Rabu, 10 April 2019 di Mess Pemkab Rohil di Jalan Perwira, Kota Bagansiapiapi.  
 
Dikatakan Hari Fitrianto, Pos TNI-AL berada di dalam areal pelabuhan milik PT (Persero) Pelindo. Sehingga, kalau membangun pelabuhan, maka yang berkewajiban membangun pelabuhan adalah PT (persero) Pelindo II Belawan, Medan. Ketiadaan pelabuhan yang layak, sebut Hari, juga menyebabkan kapal TNI-AL tidak dapat mengunjungi Kota Bagansiapiapi. 
 
"TNI-AL itu punya berbagai jenis kapal. Ada KRI, ada KAL dan lain-lain. Selain disebabkan disini belum ada pelabuhan yang layak, kapal TNI-AL juga belum dapat berkunjung disebabkan kondisi perairan yang kadang pasang, kadang surut," jelas Hari Fitrianto. (Amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com