Bawaslu Rohil Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019

Dibaca: 784 kali  Senin,15 April 2019 | 10:04:00 WIB

Bawaslu Rohil Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019
Ket Foto : Bupati Rohil H Suyatno, Ketua Bawaslu Rohil Syahrury dan Pengawas TPS se Kecamatan Bangko. F Amran

ROHIL-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu, 14 April 2019, melaksanakan Apel Patroli Anti Politik Uang, dan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019 di lapangan Kantor Badan Pengeloa Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil.  Upacara dipimpin Ketua  Bawaslu Rohil Syahrury. Hadir Bupati Rohil H Suyatno, Kepala Kejari Gaos Wicaksono, Sekda H Surya Arfan, Anggota Bawaslu Rohil Zubaidah, Anggota Panwaslu Kecamatan Bangko, PPL se Ke amatan Bangko, Anggota Pengawas TPS se Kecamtan  Bangko, dani lain--lain.
 
Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019, juga diisi dengan senam masal, serta menyemarakkan Car Free Day (CFD) yang digelar tiap hari minggu di seputaran Kantor BPKAD Pemkab Rohil.  Apel siaga menandai hari tenang Pemilu 2019, yang akan berlangsung sampai Selasa, 16 April 2019. 
 
Ketua Bawaslu Rohil Syahrury, yang membacakan sambutan Ketua Bawaslu RI Abhan, mengatakan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019, sekaligus Apel Patroli Anti Politik Uang Pemilu 2019. Banyak hal penting yang disampaikan Syahrury. Tak kalah penting Syahrury, meminta kepada Pengawas TPS dapat bersikap rendah diri dalam menjalankan tugas.
 
"Pengawas TPS hendaknya  dapat menghilangkan sikap arogansi dalam melaksanakan pengawasan," kata Ketua Bawaslu Rohil Syahrury, di depan Pengawas TPS se Kecamatan Bangko, yang menghadiri apel siaga.
 
Bupati Rohil H Suyatno, menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Rohil melaksanakan apel siaga dan senam bersama. Berdasarkan laporan dari Bawaslu Rohil, kata Bupati, semua alat peraga kampanye pasangan calon, perorangan dan partai politik pada Minggu, 14 April 2019 dilakukan pembongkaran. Pembongkaran alat peraga kampanye, kata Bupati Suyatno, dilakukan di seluruh Indonesia. 
 
"Hari ini tidak  ada lagi alat peraga dan atribut, yang berdiri tegak di sepanjang jalan di dalam dan luar kota. Kita sudah cukup bersabar menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2017," kata Bupati H Suyatno. 
 
Pemilu 2019 yang dilaksanakan 17 April 2019, sebut Bupati, dilakukan bersamaan dengan Capres dan Cawapres, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. 
 
"Pemilu 2019 pada 17 April 2019, hanya menghitung hari. kita do'akan Indonesia  dalam keadaan tertib. Apa pun hasil Pemilu 2019, harus legowo, dan bersukur. Itulah pilihan rakyat Indonesia terhadap Presiden dan Wapres" kata Bupati H Suyatno. 
 
Bupati H Suyatno juga menyampaikan kepada segenap masyarakat Rohil untuk dapat menginfokan dan memberitahu keluarga dan tetangga untuk bersama-sama memberikan suara pada 17 April. "Jangan banyak yang golput. Jangan seperti Pilgubri yang hadir datang mencoblos 51 persen, harapan kita bisa 81 persen. Itu harapan kita ada peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 ini," ujar Bupati. 
 
Bupati juga menyebutkan ada potensi tidak memilih pada pedagang pasar dan pemilih muda. Pemilih muda di pedesaan, banyak yang enggan memilih, dan yang banyak datang mencoblos rata-rata pemilih tua dan bertongkat. 
 
"Anak-anak kita yang muda-muda, yang berada di pedesaan, yang memiliki hak pilih, harus menggunakan hak pilihnya, hak suaranya. Harus tinggi suara partisipasi memilih untuk Rohil ini," jelas Bupati H Suyatno. (Amran)  
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com