Hanya Satu Sekolah Di Rohil Diusulkan Menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri

Dibaca: 993 kali  Kamis,25 April 2019 | 03:26:00 WIB

Hanya Satu Sekolah Di Rohil Diusulkan Menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri
Ket Foto : Kadis LH Pemkab Rohil Suwandi S Sos MSi

ROHIL - Hanya satu sekolah di Kabupaten  Rokan Hilir (Rohil)  pada 2019 ini diusulkan menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ada pun sekolah yang diajukan Pemkab Rohil melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil untuk dijadikan sebagainya sekolah Adiwiyata, adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Kecamatan Bagan Sinembah, Rohil, kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI.
 
Kepala Dinas LH Pemkab Rohil Suwandi SSos, MSi, mengatakan SMP Negeri 1 Bagan Sinembah merupakan SMP satu-satunya di Kabupaten Rohil, yang diusulkan menjadi SMP Adiwiyata Mandiri pada 2019 ini.
 
"Tahun ini SMP Negeri 1 Bagan Sinembah diusulkan menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri. Diusulkan disebabkan persyaratan untuk dijadikan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri sudah mencukupi,' kata Kadis LH Pemkab Rohil Suwandi SSos MSi, kepada jurnalmadani.com di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil, Rabu, 24 April 2019. 
 
Syarat SMP Negeri 1 Bagansiapiapi yang sudah terpenuhi, seperti saat ini sudah melakukan pembinaan pada 10 sekolah, dan menciptakan inovasi baru dalam penangulangan sampah, teknologi pengomposan dan lain sebagainya.  Predikat Adiwiyata Mandiri, sebut Suwandi, merupakan status tertinggi bagi sekolah-sekolah yang mau meningkatkan status dari adiwiyata menjadi Adiwiyata Mandiri. "SMP Negeri 1 Bagan Sinembah merupakan sekolah satu-satunya di Rohil yang diajukan memperoleh predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri," jelas Suwandi.
 
Jika berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri, jelasnya, SMP Negeri 1 Bagan Sinembah harus dapat melakukan pembinaan kepada 10 sekolah Yang sudah Adiwiyata, baik sekolah SMA, SMP,  dan SD, di dalam satu kabupaten.  "Tugas pembinaan yang dilakukan diantaranya memberikan penyuluhan, sosialisasi, pembekalan, memberikan masukan kepada sekolah Adiwiyata," tambah Suwandi. (Amran) 
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com