Kelainan Jantung, Pemkab Siap Fasilitasi Biaya Pengobatan Hafizan

Kelainan Jantung, Pemkab Siap Fasilitasi Biaya Pengobatan Hafizan
Sekda Yulian Norwis didampingi Camat Tebing Tinggi, Helfandi, saat menjenguk Hafizan
MERANTI - Pemkab Kepulauan Meranti sangat konsen dan peduli terhadap masalah kesehatan masyarakat, seperti terhadap Hafizan Kholil (9 tahun) bocah penderita kelainan jantung (Regurgitasi Trikuspid), warga Jalan Pemuda Setia Ujung, RT 01/RW02 Dusun I Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi.
 
Sekretaris Daerah Yulian Norwis didampingi Camat Tebing Tinggi, Helfandi, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra dan lainnya berkesempatan menjenguk Hafizan, Minggu sore (21/7/2019) kemarin.
 
Kedatangan Sekda dan rombongan langsung disambut Ketua Dusun I Indra dan kedua orang tua Hafizan yakni Ibu Suryani (35) dan Ayah Amrizal (40) serta anggota keluarga lainnya.
 
Dari keterangan kedua orang tua Hafizan, anaknya yang kini berusia 9 tahun mengalami kelainan jantung dimana jantung bocah malang ini memiliki katup yang tidak sempurna atau bocor. Akibatnya darah bersih dan darah kotor yang masuk ke jantung bercampur yang menyebabkan Hafizan mengalami nyeri serta sesak nafas.
 
Saat dikunjungi Sekda dan rombongan, Hafizan tampak lemah dengan badan semakin kurus yang kemungkinan disebabkan oleh penyakit yang dideritanya.
 
Seperti diakui Suryani kepada Sekda dan rombongan, keluhan ini baru dirasakan oleh buah hatinya sejak 7 bulan lalu, saat itu Hafizan sering mengeluhkan sesak nafas dan nyeri dibagian dada.
 
"Awalnya Hafizan sehat-sehat saja bisa mengaji dan sekolah, namun sejak 7 bulan lalu ia merasakan sesak nafas sehingga susah tidur," aku Suryani.
 
Mengetahui hal itu, kedua orang tua Hafizan mencoba memeriksakan penyakit yang diderita anaknya ke Rumah Sakit Eka Hospital di Pekanbaru, dari hasil pemeriksaan dokter dan hasil scan diketahui Hafizan menderita kelainan jantung atau jantung bocor.
 
Untuk mengobatinya, dokter ahli menyarankan harus dilakukan operasi secepat mungkin namun masalahnya pihak keluarga binggung karena biaya operasi sangat mahal kurang lebih 80 Juta Rupiah, sementara kehidupan pasangan Suryani-Amrizal hidup cukup sederhana. Suryani hanya ibu rumah tangga dan Amrizal bekerja serabutan kadang nelayan kadang buruh.
 
Menyikapi hal itu, Sekda Yulian Norwis berjanji kepada keluarga untuk mencarikan solusi termasuk dalam hal biaya pengobatan. Sekda meminta Dinas Kesehatan dan RSUD Kepulauan Meranti segera melakukan penanganan lebih lanjut dengan berkoordinasi dengan Rumah Sakit yang ada di Pekanbaru untuk mengkomunikasikan penanganan Hafizan. Apakah penanganan bisa dilakukan di Pekanbaru dan berapa biaya yang dibutuhkan termasuk juga mengkomunikasikan dengan pihak BPJS terkait tanggungan.
 
"Kita melalui Dinas Kesehatan akan coba berkomunikasi dengan pihak Rumah Sakit di Pekanbaru terkait penanganan dan biaya pengobatan, untuk biaya jika kurang Pemda Meranti akan membantu melalui penggalangan dana," ucap Sekda.
 
Ditegaskan Sekda, Pemkab sangat peduli pada masalah kesehatan masyarakat seperti masalah yang dihadapi Hafizan. Untuk itu Sekda meminta keluarga terus mengkomunikasikan ini dengan pihak Pemda khususnya Dinas Kesehatan sehingga dapat diambil langkah cepat.
 
"Saya berharap orang tua jangan khawatir terus komunikasikan dengan Pemda atau Dinas Kesehatan kita akan berupaya mencarikan solusi," ucap Sekda.
 
Akhir kata Sekda berpesan kepada keluarga Hafizan terutama orang tua untuk menghadapi masalah ini dengan tegar dan ikhlas seraya berdoa kepada Allah agar diberikan jalan terbaik. "Hadapi masalah ini dengan ikhlas dan tegar semoga ada solusinya," ucap Sekda.
 
Sementara itu Ketua Satma PP Meranti, Boby mengaku akan berupaya membantu mencarikan biaya untuk pengobatan Hafizan, salah satunya dengan penggalangan dana masyarakat seperti yang dilakukan Satma PP saat membantu pasien tidak mampu lainnya.
 
"Kita akan berupaya mengetuk hati masyarakat dengan melakukan penggalangan dana, nantinya dana yang terkumpul akan kami serahkan kepada pihak keluarga untuk membantu biaya pengobatan," ujarnya.
 
Pada kesempatan itu, Sekda Yulian Norwis juga menyerahkan sejumlah bantuan uang kepada pihak keluarga untuk sedikit meringankan beban ekonomi. (rls/red)

Berita Lainnya

Index