Wabup Said Hasyim Jenguk Bayi Kelainan Jantung dan Gizi Buruk

Wabup Said Hasyim Jenguk Bayi Kelainan Jantung dan Gizi Buruk
M. Zakir Khafadi, Bayi penderita kelainan jantung dan gizi buruk saat mendapat kunjungan Wakil Bupati Said Hasyim
MERANTI – Pemerintah Kabupaten Kepualuan Meranti berkomitmen terhadap upaya kesehatan masyarakat, terutama yang kurang mampu yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
 
Seperti yang dialami oleh M. Zakir Khafadi (1 Tahun), Bayi penderita kelainan jantung, warga Jalan Pramuka Selatpanjang, yang pada Senin pagi (19/8/2019) mendapat kunjungan Wakil Bupati Said Hasyim dan rombongan tenaga kesehatan dari RSUD Kepulauan Meranti.
 
Turut serta dalam rombongan, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Sekretaris Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti Asrul Meldi, Tim Dokter dari RSUD Kepulauan Meranti dan lainnya.
 
Sekedar informasi, M. Zakir Khafadi merupakan bayi penderita kelainan jantung dan kurang gizi sehingga mengalami pertumbuhan tidak normal. Bocah malang yang berusia 1 Tahun ini merupakan buah pasangan dari Mardiana (25 tahun) dan Iwanfal (30 tahun).
 
Dari keterangan kedua orang tuanya, M. Zakir mengalami kelainan jantung dan gizi buruk, hal itu sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak tempat M. Zakir berobat.
 
"Kata Dokter berdasarkan hasil rontgen kepala dan badan, anak saya menderita penyakit kelainan jantung dan penyakit ini akibat turunan dari orang tua," aku Mardiana, ibu M. Zakir.
 
Lebih jauh dijelaskan Mardiana kepada Tim Dokter RSUD Kepulauan Meranti yang ikut bersama rombongan Wabup. Saat dirinya hamil ia mengalami demam tinggi, dan Tim Dokter RSUD Meranti menilai kemungkinan hal itu yang menyebabkan kelainan pada M. Zakir saat ini.
 
Kondisi M. Zakir diperburuk dengan kekurangan gizi sehingga menyebabkan pertumbuhannya tidak normal layaknya bayi seusianya. Fisik M. Zakir dari pantauan media terlihat lemah dengan badan sedikit kurus.
 
"Karena kelainan jantung ini ia jadi malas makan, kata dokter anak kami mengalami gizi buruk," aku Mardiana.
 
Untuk itu dalam rangka membantu penanganan Bayi malang M. Zakir, Wabup Said Hasyim meminta Dinas Kesehatan khususnya pihak RSUD untuk memantau kesehatan M. Zakir. Jika tidak bisa ditangani, segera beri rujukan ke Rumah Sakit yang ada di Pekanbaru.
 
"Jika perlu segera rujuk ke Pekanbaru untuk penanganan lebih lanjut," ucap Wabup kepada Tim Dokter.
 
Dari keterangan Tim Dokter RSUD Kepulauan Meranti, agar sang bayi mendapat penanganan optimal, tidak ada jalan lain selain dirujuk ke Pekanbaru dan pihak RSUD akan mencoba berkoordinasi dengan Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru. (rls/red)

Berita Lainnya

Index