Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Dialog Interaktif Bahaya Narkoba

Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Dialog Interaktif Bahaya Narkoba
Kegiatan Dialog Interaktif Bahaya Narkoba
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim menjadi salah satu narasumber Dialog Interaktif Bahaya Narkoba, bertempat di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Senin (26/8/2019).
 
Pada kegiatan yang dikemas dengan acara pengukuhan Forum Anak Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2019-2021 itu, Wabup mengajak semua peserta untuk menggunakan akal sehat untuk menjauhi Narkoba, Minuman Keras, serta Rokok yang semakin marak digunakan generasi muda,
 
Turut hadir Danramil 02 Tebing Tinggi Mayor Inf Irwan, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Agusyanto, Kasat Narkoba Polres Kepulauan Meranti IPTU Darmanto, Ketua Granat Meranti Darma citara, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, para Pejabat Eselon, Pengurus Forum Peduli Anak dan lainnya.
 
Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Agusyanto menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka  menumbuhkan kepedulian dan kesadaran serta peran aktif masyarakat dalam rangka pemenuhan hak dan perlindungan anak, mendorong program kota layak anak hingga ke pelosok Desa, meningkatkan jaringan kerja dan kemitraan antara pemerintah, dunia usaha dan media massa.
 
"Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang peserta utusan dari SLTP dan SLTA Se-Kecamatan Tebing Tinggi," ungkapnya.
 
Kadis Sosial juga mengingatkan sepaya perkambangan anak berjalan dengan baik, biarkan ia berkembang sesuai dengan minatnya, anak harus dijamin haknya, jangan jadikan anak sebagai ibkek ekspo, bangun landasan berfikir anak, anak harus dilindungi.
 
Kegiatan diawali dengan pengukuhan Forum Anak Meranti periode 2019-2021 sesuai SK Bupati Nomor 470/HK/KPTS/IV/2019, oleh Wakil Bupati Said Hasyim yang dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Kepada OPD yang telah berkontribusi dalam Evaluasi Kota Layak Anak Tahun 2019 dan Kecamatan Pemenang Forum Anak.
 
Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati mengajak semua peserta untuk menggunakan akal sehat sehingga dapat terhindar dari penyalahgunaan Narkoba, Miras serta Rokok yang dianggap mampu melemahkan generasi muda.
 
Diceritakan Wabup, Allah SWT sengaja memberikan manusia akal dan fikiran yang menjadikan manusia berbeda dan paling sempurna dari makhluk lainnya. Akal manusia berkembang sesuai dengan lingkungan tempat ia berintegrasi, untuk itu akal tersebut harus dapat digunakan dengan baik untuk melakukan kegiatan positif dan menjauhi semua hal yang merugikan termasuk Narkoba, Minuman Keras hingga rokok dan benda memabukan lainnya.
 
"Gunakanlah akal untuk mengatasi berbagai persoalan jangan sampai hilang akal, jangan menggunakan Narkoba, Minuman Keras, Rokok karena bisa melemahkan akal," ujarnya.
 
Wabup juga mengingatkan kepada para peserta yang hampir seluruhnya pelajar, jangan menggunakan akal untuk perbuatan maksiat dan melanggar hukum karena akan diminta pertanggung jawaban dan balasanya oleh tuhan.
 
Selanjutnya menjawab pertanyaan dari peserta, Ronard Betran, Duta Granat SMAN I tentang bagaimana mengatasi Narkoba, dikatakan Wabup tak ada cara lain selain menjauhinya dan berperan aktif saling ingat mengingatkan.
 
"Bagi yang terlanjur memakai Narkoba didekati dan dinasehati agar tidak mengunakan lagi dan bagi yang belum jangan pernah mencoba Narkoba," jelasnya.
 
Seperti juga dikatakan Kasat Narkoba Polres Kepulauan Meranti, IPTU Darmanto, untuk memberantas Narkoba harus dilakukan secara sistemik dan masif dengan melibatkan semua elemen masyarakat.
 
"Pihak Kepolisian tidak bisa mengatasi Narkoba sendiri, untuk itu selaku penegak hukum kami berharap partisipasi masyarakat dan semua pihak agar upaya pemberantasan Narkoba berjalan sesuai harapan," paparnya.
 
Dalam kegiatan sosialisasi yang dikemas dengan dialog anti Narkoba itu, Ketua Granat Kepulauan Meranti turut angkat bicara, dengan mengajak seluruh generasi muda berprilaku hidup sehat dan berbuat hal yang positif. serta berperan aktif memberantas Narkoba.
 
"Mari kita jalankan Pola hidup sehat, lakukan hal positif untuk membangun Kabupaten Kepulauan Meranti, dan jangan lupa peran aktif kita memberantas Narkoba," ujarnya.
 
Terakhir penutup dari Danramil 02 Tebing Tinggi. Mayor Inf Irwan yang mengajak seluruh peserta untuk menyayangi diri, keluarga dan orang tua serta menjauhi Narkoba. "Jika kita bisa melakukannya pasti hidup akan berhasil," tegasnya. (rls/red)

Berita Lainnya

Index