Wabup Meranti Ambil Sumpah Jabatan 6 Kades di Tebing Tinggi Timur

Wabup Meranti Ambil Sumpah Jabatan 6 Kades di Tebing Tinggi Timur
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim saat mengambil sumpah jabatan 6 Kepala Desa di Kecamatan Tebing Tinggi Timur
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan 6 Kepala Desa di Kecamatan Tebing Tinggi Timur sekaligus menghadiri acara Pelantikan Pengurus LAM Kecamatan dan Pelantikan Ketua Penggerak PKK Desa, bertempat di halaman Kantor Camat, Desa Sungai Tohor, Selasa 15 Oktober 2019.
 
Turut hadir bersama Wakil Bupati, Ketua MKA LAMR Meranti, Ridwan Hasan, Ketua LAMR Meranti Muzamil Baharuddin, Anggota DPRD Meranti, para pejabat eselon di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Danramil Tebing Tinggi, para Kades dan pengurus LAMR Kecamatan Tebing Tinggi Timur, tokoh masyarakat dan unsur lainnya.
 
Pemilihan Kepala Desa serentak se-Kabupaten Kepulauan Meranti untuk periode 2019-2025, pada 26 Agustus 2019 lalu telah selesai ditandai dengan terpilihnya Kepala Desa, kini tibalah waktu Pelantikan Kepala Desa terpilih di 6 Desa Se-Kecamatan Tebing Tinggi Timur, yakni Kepala Desa Sendanu Darul Ikhsan, Chaidir, Kepala Desa Nipah Sendanu, Kasino, Kepala Desa Tanjung Sari, Zulkarnain, Kepala Desa Sungai Tohor Barat, Nordianshor, Kepala Desa Batin Suir, Tarmizi dan Kepala Desa Kepau Baru, Acat.
 
Pelantikan Kades langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Said Hasyim, dimulai dengan pembacaan dan pengucapan sumpah oleh Wabup diikuti oleh semua Kades yang dilantik dan penandatanganan berita acara serta pemasangan tanda jabatan oleh Wabup kepada masing-masing Kades.
 
Acara itu juga dikemas dengan kegiatan Pelantikan Pengurus LAM Kecamatan Tebing Tinggi Timur, pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kepulauan Meranti tentang Pelantikan dan Pengukuhan LAMR Kecamatan Tebing Tinggi Timur periode 2019-2024.
 
Sesuai SK Ketua LAMR Kepulauan Meranti menetapkan Ketua MKA LAM Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kantan Haduat dan Sekretaris Abdul Manan, sedangkan Ketua DPH LAMR Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Baserah dan Sekretaris, Erwin, serta Bendahara, Arafi S.Pdi.
 
 
Pelantikan Pengurus LAM Kecamatan Tebing Tinggi Timur dilakukan langsung oleh Ketua LAM Meranti Dt. Sri Muzamil Baharuddin. Ditandai dengan pengucapan Naskah Pelantikan yang dilanjutkan dengan Pemasangan Tanjak oleh Ketua MKA LAMR Meranti Dt. H. Ridwan Hasan, Pemasangan Keris oleh Ketua LAM Dt. Sri Muzamil Baharuddin, Pemasangan Salempang oleh Dt. Timbalan Setia Amanah H. Said Hasyim, serta Tepuk Tepung Tawar.
 
Dalam pidatonya usai melantik Kades dan menyaksikan pelantikan Pengurus LAM Kecamatan Tebing Tinggi Timur serta Pengurus PKK Desa, Wabup Meranti H. Said Hasyim atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada Kades dan Pengurus LAM Kecamatan Rangsang Pesisir yang baru saja dilantik dan berharap dapat melaksanakan tugas dengan baik dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
 
Tak lupa Wabup mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerah agar tercipta kehidupan yang tenang dan damai di masyarakat, sehingga pembangunan yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah berjalan dengan lancar.
 
"Jangan ada lagi masyarakat yang terkotak-kotak, mari semua masyarakat kembali bergandeng tangan untuk membangun Desa," ajak Wabup.
 
Kemudian dalam pengarahannya, Wabup Said Hasyim menjelaskan setelah dilantik dan mengucapkan sumpah yang disaksikan masyarakat dan Allah SWT. Berharap kepada Kades untuk melaksanakan pekerjaan dengan jujur agar daerah dapat maju dan berkembang.
 
Salah satu yang menjadi fokus Wabup adalah pengentasan masalah kemiskinan dan kekurangan gizi yang disebabkan ketidakmampuan, pola hidup kotor dan mindset yang salah sebagai salah satu penyebab gizi buruk.
 
"Saya harap tahun ini Kecamatan Tebing Tinggi Timur bebas stanting, tolong gotong royong PKK Desa dan Kades Posyandu untuk mendatangi rumah dan mencarikan solusi," pinta Wabup.
 
Wabup juga meminta Dana Desa yang lebih satu miliar rupiah digunakan bukan saja untuk Infrastruktur tapi juga untuk membangun Sumber Daya Manusia dan Ekonomi.
 
"Musyawarahkan dana desa dengan Badan Permusyawaratan Desa secara terbuka jangan diatur sendiri," ujar Wabup mengingatkan.
 
Dan yang tak kalah penting terkait penggunaan Dana Desa, Wabup mengingatkan Kades dapat menggunakannya dengan baik sesuai instruksi Presiden dan peraturan yang berlaku, karena penggunaan dana selalu diawasi oleh masyarakat dan aparat penegak hukum.
 
"Gunakan sesuai peruntukan karena kami tidak ingin ada Kades yang tersangkut masalah pidana," ujar Wabup.
 
Terakhir melalui Lembaga Adat yang telah terbentuk dalam menjaga moral dan marwah kampung, juga dapat diperhatikan oleh Pemerintah Kecamatan dan Desa.
 
Ketua Dewan Pimpinan Harian LAM Meranti Dt. Sri Muzamil Baharuddin dalam pidatonya, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Pelantikan LAMR Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Kepada Kepala Desa terpilih dan masyarakat menghimbau untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan karena masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan kedepan dan untuk suksesnya perlu dukungan seluruh masyarakat. 
 
Ketua LAMR Kepulauan Meranti juga menyampaikan rencana pembentukan LAMR Desa untuk menjaga harkat dan martabat Melayu agar selalu lestari dimasa yang akan datang.
 
Terakhir Camat Tebing Tinggi Timur, Rayan Pribadi SH, kepada seluruh Kades dan masyarakat meminta untuk meningkatkan kerjasama. Selain itu kepada Kades diharapkan dapat mendengar aspirasi masyarakat untuk bersama-sama membangun Desa melalui pembangunan infrastruktur dan yang tak kalah penting mengentaskan kasus gizi buruk dan kualitas hidup ibu dan anak, serta pemberdayaan masyarakat.
 
Kegiatan yang dikemas dengan banyak acara itu ditutup dengan ucapan selamat kepada Kades yang dilantik dan makan bersama masyarakat. (rls/red)

Berita Lainnya

Index