Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti Periode 2019-2024 Dilantik

Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti Periode 2019-2024 Dilantik
Prosesi pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kepulauan Meranti
MERANTI - Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Masa Jabatan 2019-2024 telah resmi dilantik di Balai Sidang DPRD, Selasa 22 Oktober 2019. Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang hadir berharap meningkatnya sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif.
 
Rapat Paripurna yang mengagendakan Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kebupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2019-2024, dipimpin oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti sementara, Musdar Mustafa dan Fauzi Hasan.
 
Diawali dengan sambutan Ketua DPRD sementara menjelaskan bahwa pelantikan pimpinan DPRD sangat strategis, sebab dalam situasi yang normatif hanya berlangsung sekali dalam 5 tahun, dimana Pimpinan DPRD itu nantinya akan memberikan warna dalam menentukan kebijakan politik bersama Bupati dan Legislator lainnya.
 
Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor KPTS II50/X/2019, tentang peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti masa jabatan 2019-2024.
 
Acara dilanjutkan dengan Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kebupaten Kepulauan Meranti yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Ananta Wijaya, kepada Ardiansyah, SH, M.Si sebagai Ketua DPRD dari PAN, Khalid SE sebagai Wakil Ketua DPRD dari PDI-P, Iskandar Budiman SE Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar.
 
Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan SK Pelantikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti.
 
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan Palu Pimpinan dari Ketua DPRD sebelumnya Fauzi Hasan kepada Ketua DPRD Kepulauan Meranti yang baru Ardiansyah disaksikan seluruh hadirin.
 
Menyikapi pelantikan Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti tersebut, Bupati Irwan, mengucapkan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti yang baru saja dilantik dan berharap dapat melaksanakan amanah dengan baik.
 
"Semoga para Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan baik dalam menggesa pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Bupati.
 
Dalam pemaparannya, Bupati mengatakan jabatan adalah sebuah amanah yang dipercayakan oleh rakyat dan sudah menjadi ketentuan Allah, jabatan seiring waktu pastinya akan berganti, namun yang terpenting menurutnya adalah bagaimana seseorang pimpinan dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan baik.
 
Saat ini dengan telah dilantiknya Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti, agenda pentingpun sudah menanti yakni pengesahan APBD Tahun 2020, untuk itu Bupati berharap kepada pimpinan dan anggota DPRD bersama-sama OPD dapat memfokuskan diri pada pembahasan agenda tersebut agar dapat diselesaikan segera.
 
Bupati Irwan juga mengingatkan kepada seluruh anggota DPRD demi kelancaran melaksanakan tugas-tugas, terus menjalin sinergi dan kerjasama yang baik dengan masyarakat, Pemerintah Daerah, serta Instansi Vertikal karena tanpa dukungan dari semua pihak apa yang ingin dicapai sulit terwujud.
 
"Kekompakan antara Legislator dan Pemerintah daerah serta masyarakat yang sudah berjalan baik selama ini sangat diharapkan," ucap Bupati lagi.
 
Dengan keharmonisan itu menurut Bupati akan dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena masyarakat menunggu kerja nyata dan cerdas dari para Wakil Rakyat.
 
Sementara itu Ardiansyah dalam pidato perdananya sebagai Ketua DPRD Kepulauan Meranti, berjanji akan melaksanakan amanah dengan baik. Terutama dalam menuntaskan tugas yang paling mendesak saat ini yaitu menyusun Tata Tertib dan Alat Kelengkapan serta Komisi-Komisi dan yang paling penting adalah Pengesahan APBD Tahun 2020.
 
Ardiansyah juga mengajak seluruh anggota DPRD untuk senantiasa menjaga kekompakan dan sinergitas.
 
"Meskipun kita terpilih dari Partai yang berbeda tapi secara kelembagaan harus tetap membangun kekompakan dengan satu suara dan warna yaitu Merah Putih. Semoga dapat membawa kemajuan bagi daerah Kepulauan Meranti," harapnya.
 
Iapun mengajak segenap anggota Dewan untuk dapat membuka mata dan telinga mendengar berbagai aspirasi masyarakat menangkap isu lokal dan mampu memberikan solusi melalui berbagai kebijakan.
 
"Semoga selama 5 tahun kedepan kita dapat mengemban jabatan dan menjalankan tugas dengan baik dalam mewujudkan aspirasi masyarakat menuju Kepulauan Meranti cemerlang, terbilang dan gemilang," pungkasnya.
 
Kegiatan Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti yang berlangsung khidmat dan aman, ditutup dengan acara ucapan selamat dan salam-salaman dari para hadirin kepada Pimpinan DPRD yang dilanjutkan acara makan bersama. (rls/red)

Berita Lainnya

Index