Ketua KPU Kepulauan Meranti Lantik 45 orang PPK untuk 9 Kecamatan

Ketua KPU Kepulauan Meranti Lantik 45 orang PPK untuk 9 Kecamatan
Prosesi pengambilan sumpah jabatan
MERANTI — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti, Abu Hamid, telah mengambil sumpah jabatan dan melantik 45 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk 9 Kecamatan di daerah ini, di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Sabtu 29 Februari 2020, kemarin.
 
Hadir pada acara itu Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, Rosdaner, Komisioner KPU Riau, Rahman, Ketua Panwaslu Meranti Syamsurizal, perwakilan Kesbangpol, Polres, MUI, Koramil, Camat se-Kepulauan Meranti, perwakilan Kemenag dan unsur lainnya.
 
Prosesi pelantikan dilakukan dengan pengucapan sumpah yang dipandu oleh Ketua KPU Kepulauan Meranti dan diikuti oleh seluruh PPK yang dilantik, dilanjutkan dengan pemasangan pin anggota PPK dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua KPU dan perwakilan PPK.
 
Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Abu Hamid mengungkapkan, pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga dilaksanakan secara serentak se-Indonesia. Dengan pelantikan ini maka tahapan Pilkada serentak tahun 2020 sudah dimulai.
 
"Dengan pelantikan ini menandakan tahapan Pilkada tahun 2020 sudah dimulai," ujar Abu Hamid.
 
Dikatakannya, jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti yang dilantik ini sebanyak 45 orang untuk 9 Kecamatan, hal itu sesuai amanat Undang-undang, dimana tiap Kecamatan terdapat 5 Petugas PPK.
 
Selanjutnya agar tahapan Pilkada ini berjalan lancar hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati sesuai hati nurani masyarakat, Ketua KPU Abu Hamid berharap kepada petugas PPK yang baru dilantik dapat bekerja dengan baik, penuh rasa tanggung jawab dan senantiasa mengedepankan azas netralitas.
 
Ketua KPU Kepulauan Meranti mengibaratkan Pilkada seperti sebuah pertandingan bola dan wasitnya adalah penyelenggara Pilkada, yang mana jika wasitnya adil (penyelenggara), maka berapapun skor kemenangan pastinya akan dapat diterima tim yang bertanding.
 
"Sukses tidaknya Pilkada salah satunya bergantung pada penyelenggara, termasuk PPK di tingkat Kecamatan. Untuk itu sesuai dengan amanat UU kita harus dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, yakni bersifat netral dan berintegritas," papar Ketua KPU.
 
Iapun mengimbau dalam melaksanakan tugas PPK jangan setengah hati tapi semaksimal mungkin dan tak lupa menjalin koordinasi yang baik dengan Pemerintan Daerah di tingkat Kecamatan dan Desa.
 
"Disini kami juga berharap dukungan dari Pemerintan Daerah, khususnya pihak Kecamatan, karena dengan koordinasi dan kerjasama yang baik akan mudah mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan damai," pungkasnya.
 
Kemudian Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, Rosdaner, dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi acara pelantikan PPK ini. Dia juga berharap petugas PPK dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan yang diamanatkan Undang-undang.
 
"Sebelum melaksanakan tugas mari kita lepas ego masing-masing dan bekerja dengan ikhlas, dengan begitu akan tercipta sebuah sinergitas yang baik antar berbagai pihak terkait, untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada Kepulauan Meranti tahun 2020 ini. Kepada PPK jagalah amanah ini dengan baik," ujar Rosdaner. (rls/santo)

Berita Lainnya

Index