Bupati Kepulauan Meranti Imbau Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk Manual 2020

Bupati Kepulauan Meranti Imbau Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk Manual 2020
Bupati Kepulauan Meranti saat memberikan keterangan data diri dan keluarga
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si menerima kunjungan petugas Sensus Penduduk Manual 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Meranti. Pendataan penduduk dengan teknik wawancara itu digelar di rumah dinas Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Selasa (01/09/2020).
 
Turut mendampingi Bupati pada kesempatan itu Kabag Humas dan Protokol Setdakab Meranti Rudi MH, bersama Kepala BPS Kepulauan Meranti Ari Setiadi Gunawan BSt SH dan petugas Sensus Andri Suheri S.ST, M.Si dan Aqilla Hanif Salsabila.
 
Seperti dijelaskan Kepala BPS Kepulauan Meranti, Sensus Penduduk Manual ini merupakan program BPS Pusat untuk mendata penduduk yang sebelumnya pada tanggal 15 Februari sampai 29 Mei 2020 lalu belum sempat atau terkendala saat melakukan pendataan secara Online.
 
"Jadi Sensus Penduduk Manual ini fokus kita lakukan kepada masyarakat yang belum sempat melakukan pendataan secara Online," jelas Ari Setiadi.
 
Pihak BPS akan melayani Sensus Penduduk Manual mulai dari tanggal 1 hingga 30 September 2020 mendatang.
 
Dari pantauan media, Sensus Penduduk Manual yang dilakukan oleh BPS terhadap Bupati Kepulauan Meranti dan keluarga dilakukan dengan cara wawancara, dimana petugas menanyakan kepada Bupati Irwan mengenai profil diri seperti pekerjaan, jumlah anggota keluarga, organisasi yang diikuti, tingkat pendidikan, sumber pendapatan hingga fasilitas rumah  yang ada saat ini. Nantinya data tersebut akan dicatat oleh petugas kedalam formulir khusus yang telah disediakan oleh BPS untuk dimasukan kedalam database.
 
Pada kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti merupakan penduduk pertama di daerah ini yang dilakukan pendataan secara manual oleh BPS di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan apresiasi kepada pihak BPS Kepulauan Meranti yang telah melaksanakan Sensus Penduduk baik secara Online maupun Manual di Kepulauan Meranti.
 
Bupati Irwan menilai kegiatan Sensus ini sangat penting dan strategis karena akan menjadi acuan dan pertimbangan bagi Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah dalam menetapkan program dan kebijakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Karena seperti diketahui, melalui Sensus Penduduk akan mendapatkan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.
 
Nantinya data tersebut akan digunakan untuk menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas dan migrasi) serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs. Dan yang paling penting data ini akan membantu pemerintah dalam menyusun program-program kependudukan dan sosial.
 
Menimbang pentingnya Sensus Penduduk tersebut, Bupati Kepulauan Meranti menghimbau kepada seluruh masyarakat di daerah ini untuk berpartisipasi aktif menyukseskan Sensus Penduduk ini dengan cara memberikan semua data diri dan keluarga secara lengkap.
 
"Mari bersama kita sukseskan Sensus Penduduk 2020, semoga dengan akurasi data yang diberikan oleh setiap penduduk dapat menjadi pertimbangan dan acuan bagi Pemerintah Pusat untuk mengeluarkan semua kebijakan strategis khusus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap Bupati. (rls/san)

Berita Lainnya

Index