Kunker ke Rohil, Kakanwil BPN Riau, Hadiri Peresmian Musholla dan Launching PLM

Dibaca: 162 kali  Selasa,09 Februari 2021 | 09:54:00 WIB

Kunker ke Rohil, Kakanwil BPN Riau, Hadiri Peresmian Musholla dan Launching PLM
Ket Foto : Kakan Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko menandatangani prasasti peresmian musholla disaksikan Bupati H Suyatno, Kakanwil BPN Riau M Syahrial, Kajari Gaos Wicaksono dan Forkompimda, Jumat (05/02/2021). foto amran

ROKAN HILIR - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau M Syahril A.Ptnh, SH MM, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kamis-Jumat 04-05 Februari 2021. 
 
Kunker dua hari Kakanwil BPN Riau M Syahril menghadiri jamuan makan malam bersama Bupati Rohil H Suyatno dan Forkopimda Rohil di Mess Datuk Batu Hampar Pemkab Rohil, Kamis malam 04 Februari 2021.
 
Pada hari Jumat 05 Februari 2021 Kakanwil BPN Riau M Syahril menghadiri peresmian Musholla Baitul Muttaqin dan Launching Pojok Layanan Mandiri di Kantor Pertanahan Rohil. Peresmian musholla ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Kakan Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko SH MH, dilanjutkan dengan penguntingan pita oleh Bupati Rohil H Suyatno bersama Kakanwil BPN Riau M Syahril. 
 
Acara dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Agung Rachman Wahyudi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Waka Polres Rohil Kompol James Rianov Rajagukguk SIK, Kasi Intel 0321 Rohil Kapten Khairul Anwar, Kakan BPN Kota Dumai Robert H Sirait, Kantor Kemenag Rohil, pimpinan perbankan, perusahaan dan lain-lain. 
 
Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kunker Kakanwil BPN Riau M Syahril ke Rohil, pembangunan musholla dan launching Pojok Layanan Mandiri Kantor Pertanahan Rohil. Bupati juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga Pemkab Rohil kepada Kakan Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko yang sangat aktif dalam berbagai kegiatan Pemda dan sangat baik kepada masyarakat Rohil. 
 
"Saya, dan Pemkab Rohil merasa bangga Pak Kakanwil melihat sosok Pak Rocky. Beliau selalu aktif di dalam acara-acara atau kegiatan-kegiatan Pemda dan juga hatinya sangat baik terhadap kami disini," kata Bupati H Suyatno.
 
Kebanggaan kepada Rocky Soenoko, kata Bupati, memang sengaja disampaikan didepan Kakanwil BPN Riau. "Sebab saya terakhir ini menerima laporan katanya Pak Rocky nak pindah, dan ini viral kemana-mana. Kami berharap kapan-kapan sajalah Pak Rocky pindah silahkan saja nanti," tambah Bupati.
 
Disampaikan Bupati H Suyatno, tanah dan  bangunan Kantor Pertanahan Rohil sudah dihibahkan Pemkab Rohil kepada BPN. Pak Rocky Soenoko, kata Bupati, sempat memanfaat tanah di depan kantor menanam padi, namun tidak berhasil dan akan memanfaatkan dengan ditanami tanaman keras berupa buah-buahan seperti jambu dan lain sebagainya.
 
Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Rohil yang dilakukan Kakan Pertanahan Rohil Rocky Soenoko beserta staf, ucap Bupati, disambut antusias masyarakat, seperti di Bagan Batu. Tanah masyarakat di data, diukur dan dikiri-kanan tanah juga dipasang patok tanah. Pemkab Rohil, kata Bupati H Suyatno, juga akan melaksanakan program pemberian sertifikat tanah dengan pembiayaan dari Pemda Rohil. 
 
"Pak Asisten tolong ingatkan Pak Sekda nanti di tahun anggaran 2021 ini kita dorong program pembuatan sertifikat tanah untuk masyarakat yang biayanya Pemda. Kata Pak Kanwil bisa berangsur-angsur step by step dibantu. Jika ini berjalan, ke depan, beberapa tahun akan datang semua masyarakat sudah memiliki sertifikat tanah," tutur Bupati. 
 
Bupati H Suyatno juga menyampaikan harapan program e-sertifikat Presiden Jokowi sampai ke desa-desa di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Untuk itu, kata Bupati H Suyatno, Pemkab Rohil juga harus punya peran aktif bersama BPN, agar program itu berkelanjutan.
 
Bupati H Suyatno juga menyampaikan  bahwa koordinasi antara Pemka Rohil dengan Kantor Pertanahan Rohil sangat bagus sekali. Bilamana ada hal-hal yang menyangkut dengan persoalan tanah, ucap Bupati, Pak Rocky Soenoko selalu sigap dan responnya sangat luar biasa. "Sehingga koordinasi yang baik ini harus kita pertahankan," tandas Bupati. 
 
Kakanwil BPN Provinsi Riau M Syahril A.Ptnh, SH MM, merasa terharu dan senang mendengar apa yang disampaikan Bupati Rohil H Suyatno bahwa Kakan Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko beserta jajarannya bekerja sungguh-sungguh dengan kondusif dan menjalin koordinasi yang sangat bagus dengan Pemda dan Forkopimda.
 
"Memang itulah yang dikehendaki Pak Bupati. Karena apa? Proyek strategis nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo yaitu mensertifikatkan, mendaftarkan, mengukur dan memetakan seluruh tanah-tanah di wilayah Indonesia ini tak akan bisa berhasil tanpa didukung oleh pemerintah daerah," kata Syahrial.
 
Itu, ucap Syahrial, sesuai pesan menteri agar BPN dan jajaran di daerah menjalin hubungan yang baik dengan Gubernur di provinsi, serta Bupati dan Walikota. Syahril juga mengatakan selain dukungan dari Pemda, pelaksanaan program strategis nasional, seperti jalan tol juga tidak akan berhasil tanpa dukungan kepolisian, kejaksaan dan instansi lainnya. 
 
Kepala Kantor Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko menyampaikan bahwa Pemkab Rohil sangat mendukung program pertanahan di Rohil. Bahkan untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan Pemkab Rohil menerbitkan dua Peraturan Bupati (Perbup), seperti penghapusan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Pemkab Rohil juga, kata Rocky, turut menyelesaikan kasus-kasus tanah seperti kasus kawasan hutan.
 
"Kami berterimakasih kepada Pak Bupati beserta jajaran dan Forkopimda atas sirnergitas dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini," ujar Rocky.
 
Mengenai pembangunan musholla Rocky Soenoko mengatakan dana pembangunan Musholla Baittul Muttaqin Kantor Pertanahan Rohil bersumber dari dana coorporate social responsibility (CSR) PT Torganda. 
 
Kantor Pertanahan Rohil, kata Rocky memang belum memiliki bangunan kusus musholla yang tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga tempat menuntut ilmu, syiar Islam dan kegiatan umat.
 
"Kita berharap bersama-sama kita memakmurkan musholla ini dan dijadikan sebagai tempat silaturahim dan memancarkan cahaya illahi," ucap Rocky Soenoko. (amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com