Desa Banglas Diharapkan Mampu Capai 18 Tujuan Program SDGs

Desa Banglas Diharapkan Mampu Capai 18 Tujuan Program SDGs
Sekretaris Kecamatan Tebing Tinggi, Kurniawan Hadi Putra, S.E saat menyampaikan sambutannya
MERANTI - Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, diharapkan mampu mewujudkan 18 tujuan program Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan role pembangunan berkelanjutan menuju Desa Sejahtera tanpa kemiskinan dan kelaparan.
 
Harapan itu disampaikan Sekretaris Kecamatan Tebing Tinggi, Kurniawan Hadi Putra, S.E, saat membuka Musyawarah Desa Khusus Penetapan Hasil Pendataan SDGs Tahun 2021 Desa Banglas di Kantor Desa Banglas, Jalan Banglas ujung, Rabu 28 Juli 2021.
 
Dikatakannya, SDGs adalah program baru yang tujuannya sangat bermanfaat untuk mengentaskan kemiskinan. Untuk itu Sekcam mengucapkan terimakasih kepada para relawan Pokja SDGs yang sudah bekerja dalam pendataan, dimana data yang dihimpun diharapkan benar benar data valid.
 
"Kalau datanya benar dan valid akan ada manfaatnya bagi desa, tapi kalau tidak benar maka akan ada dampak merugikan desa," kata Sekcam Kurniawan.
 
Sekcam menjelaskan, ada 18 item sasaran atau tujuan pelaksanaan program SDGs, dimana maksimal pada tahun 2030 akan datang, masyarakat desa tidak ada lagi yang miskin dan desa tanpa kelaparan, sehingga tercapai predikat desa sehat dan sejahtera.
 
"Ini sangat berhubungan erat dengan Dana Desa, bagaimana kita bisa mengoptimalkannya, namun saat ini memang banyak fokus untuk penanganan COVID-19," ungkapnya.
 
Adapun 18 tujuan SDGs Desa, dirinci Sekcam Kurniawan, yakni tercapainya Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Keterlibatan Perempuan Desa, Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi, Desa Berenergi Bersih Terbarukan dan Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata.
 
Kemudian Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan, Desa Tanpa Kesenjangan, Kawasan Pemukiman Desa Aman, Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan, Tanggap Perubahan Iklim, Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat, Desa Damai Berkeadilan, Tercipta Kemitraan untuk Pembangunan Desa serta Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.
 
"Alhamdulillah saat ini Pak Pj Kepala Desa sudah kembali mengaktifkan pembinaan kegiatan gotong royong masyarakat di semua dusun yang ada. Selain itu saya berpesan agar peran Posyandu lebih ditingkatkan dan jangan ada anak putus sekolah," ucap Sekcam Kurniawan, didampingi Pj Kades Banglas Syafrizal, S.Pd.
 
Hadir pula pada kesempatan Musyawarah Desa Khusus itu, Kasi PMD Kecamatan Tebing Tinggi Tengku Idham, Ketua BPD M Razid dan para anggota, Pj Sekdes Masyaudi, Pendamping P3MD Hamimah, Ketua LPMD diwakili Sekretaris, para Kepala Dusun, Ketua RW dan RT, para relawan SDGs dan unsur lainnya. (red)

Berita Lainnya

Index